Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi fungsi panca indera manusia di SDN Sukoharjo I Malang / Eko Dwi Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi fungsi panca indera manusia di SDN Sukoharjo I Malang / Eko Dwi Cahyono

Cahyono, Eko Dwi (2012) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi fungsi panca indera manusia di SDN Sukoharjo I Malang / Eko Dwi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode eksperimen hasil belajar fungsi panca indera manusia. Penelitian ini dilakukan dengan dilandasi kenyataan bahwa siswa kelas IV SDN Sukoharjo I Malang memiliki kemampuan yang rendah dalam memahami fungsi panca indera manusia. Untuk kelas IV dengan siswa sebanyak 31 orang ada 16 anak (51%) mendapat nilai 40-60 10 anak (32%) mendapat nilai 70-80 dan 5 anak (17%) mendapat nilai 90-100. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan siswa kurang memahami fungsi panca indera manusia karena siswa tidak mendapatkan pengalaman secara langsung dalam pembelajarannya. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung yaitu dengan kegiatan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara kelompok dan (3) Hasil belajar IPA kelas IV SDN Sukoharjo I Malang materi fungsi panca indera manusia setelah menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus untuk setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan metode eksperimen siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa mendapat kesempatan untuk membuktikan secara langsung tentang konsep yang dipelajari. Dengan menerapkan metode eksperimen menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari tindakan I ke tindakan II pada (a) skor rata-rata tes akhir dari 67 75 menjadi 74 (b) rata-rata persentasi siswa yang mendapat skor 8805 70 dari 55% menjadi 87 5 % (c) persentasi aktivitas guru dari 92% menjadi 100% (d) persentasi aktivitas belajar siswa dari 89% menjadi 96%. Dari hasil penelitian terebut dapat disimpulkan beberapa saran untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV materi fungsi panca indera manusia (1) Bagi guru-guru di SDN Sukoharjo I disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen (2) Bagi para peniliti lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan lebih lanjut pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini agar memperoleh hasil yang lebih baik dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104635

Actions (login required)

View Item View Item