Erniwati (2012) Peningkatan kemampuan pemahaman isi bacaan melalui strategi story ladders di kelas IV SD Negeri Karangrejo 05 Garum Blitar / Erniwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Isi bacaan strategi story ladders SD Kemampuan membaca untuk pemahaman isi bacaan merupakan hal mendasar yang sangat diperlukan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Karangrejo 05 Garum Blitar pada waktu pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut (1) metode yang digunakan guru masih monoton yaitu ceramah dan pemberian tugas (2) minat untuk membaca siswa kurang (3) tidak ada motivasi dari guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena metode yang digunakan membosankan dan guru hanya menggunakan sumber pada buku paket. Hal tersebut mengakibatkan hanya 8 dari 25 siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini betujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran story ladders dalam meningkatkan Kemampuan Pemahaman Isi Bacaan siswa kelas IV SD Negeri Karangrejo 05 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Bacaan siswa kelas IV SD Negeri Karangrejo 05 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar melalui strategi pembelajaran story ladders. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan dengan 2 kali siklus pembelajaran. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat 22% dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 94% . Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan sebesar 6%. Pada siklus I sebesar 88% dan siklus II sebesar 94%. Pelaksanaan pembelajaran pemahaman isi bacaan melalui strategi pembelajaran story ladders dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 60 50 siklus I 74 6 dan siklus II 84 2. Ketuntasan hasil tes belajar pada pratindakan sebesar 32% siklus I 68% dan siklus II 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah dengan menggunakan strategi story ladders. Aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Karangrejo 05 dalam pemahaman isi bacaan yaitu menemukan ide pokok menjawab pertanyaan baik yang tersurat maupun yang tersirat dalam bacaan dan membuat kesimpulan dapat ditingkatkan melalui strategi story ladders. Berdasarkan kesimpulan yang dirumuskan disarankan agar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman isi bacaan guru hendaknya tetap memperluas pengetahuan dan belajar menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang menum-buhkan motivasi terhadap anak salah satunya strategi pembelajaran story ladders.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104633 |
Actions (login required)
View Item |