Peningkatan ketrampilan membaca pemahaman melalui teknik quantum reading di kelas V SDN Dadaplangu 02 Kabupaten Blitar / Okta Finaryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketrampilan membaca pemahaman melalui teknik quantum reading di kelas V SDN Dadaplangu 02 Kabupaten Blitar / Okta Finaryanti

Finaryanti, Okta (2012) Peningkatan ketrampilan membaca pemahaman melalui teknik quantum reading di kelas V SDN Dadaplangu 02 Kabupaten Blitar / Okta Finaryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman quantum reading sekolah dasar Hasil observasi pratindakan materi membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di SDN Dadaplangu 02 kelas V semester 1 belum mencapai hasil yang diharapkan. Sehingga 54.54% siswa belum mencapai nilai KKM yaitu 65. Penyebabnya yaitu pembelajaran masih konvensional guru cenderung lebih dominan kurangnya konsentrasi dan minat siswa dalam membaca. Sehingga diperlukan perbaikan mengenai keterampilan membaca pemahaman yaitu melalui teknik pembelajaran quantum reading. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama membahas tentang penerapan teknik pembelajaran quantum reading pada pembelajaran membaca pemahaman. Kedua membahas teknik pembelajaran quantum reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data tentang aktifitas siswa aktifitas guru dalam menerapkan quantum reading dan tes akhir siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas guru dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik quantum reading dapat terlaksana dengan baik pada siklus 1 mencapai nilai 84.79% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 86.96% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siklus I yaitu 72.05% dengan ketuntasan klasikal sebanyak 8 siswa atau 72.73% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 80% ketuntasan klasikal sebanyak 9 siswa atau 81.82%. Pada siklus II ini sebanyak 9 siswa telah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik quantum reading dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami bacaan meliputi keterampilan memahami kosa kata menemukan gagasan utama menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali (pengulangan melalui peta pikiran). Sehingga disarankan bagi guru untuk menggunakan teknik quantum reading pada pembelajaran membaca pemahaman agar keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104631

Actions (login required)

View Item View Item