Peningkatan pembelajaran IPS melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar / Maryo Kornelio Kadalolor - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPS melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar / Maryo Kornelio Kadalolor

Kadalolor, Maryo Kornelio (2012) Peningkatan pembelajaran IPS melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar / Maryo Kornelio Kadalolor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif STAD hasil belajar IPS sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi siswa di SDN Turi I Kota Blitar bahwa hasil belajar siswa dari 30 siswa yang tuntas 10 siswa yang belun tuntas 20 siswa maka perlu di adakan percobaan dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar. (2) meningkatkan halil belajar siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Turi I Kota Blitar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok kekayaan sumber daya alam di Indonesia secara klasikal adalah 55 % pada pra tindakan kemudian meningkat menjadi 68 2 % pada siklus I pertemuan I kemudian mengalami peningkatan menjadi 83 86 % pada siklus I pertemuan II dan kemudian meningkat menjadi 91 56% pada siklus II pertemuan I. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model STAD diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104629

Actions (login required)

View Item View Item