Pengembangan media puzzle elektro pada pembelajaran materi sandhangan swara di kelas III SDN Sumberejo 03 Batu / Aruming Muliya Mawarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media puzzle elektro pada pembelajaran materi sandhangan swara di kelas III SDN Sumberejo 03 Batu / Aruming Muliya Mawarini

Mawarini, Aruming Muliya (2012) Pengembangan media puzzle elektro pada pembelajaran materi sandhangan swara di kelas III SDN Sumberejo 03 Batu / Aruming Muliya Mawarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mawarini Aruming Muliya. 2012. Pengembangan Media Puzzle Elektro pada Pembelajaran Materi Sandhangan Swara di Kelas III SDN Sumberejo 03 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) M.Arafik S.Pd M.Pd (II) Drs. Rumidjan M.Pd. Kata kunci pengembangan media Puzzle Elektro sandhangan swara SD Kemampuan mengingat siswa dalam mengingat bentuk nama bunyi sandhangan swara dan menuliskannya sangat terbatas. Fakta menunjukkan bahwa daya ingat kelas III SDN Sumberejo 03 Batu terhadap bentuk sandhangan swara masih kurang. Diperlukan adanya media yang bisa membantu siswa untuk mengingat bentuk sandhangan swara sehingga siswa dapat mengingat nama bunyi sandhangan swara dan menuliskannya dengan benar. Tujuan penelitian pengembangan ini yang pertama adalah menghasilkan rancangan pembelajaran materi sandhangan swara dan yang kedua yaitu menghasilkan produk media Puzzle Elektro untuk pembelajaran materi sandhangan swara. Metodologi penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan modifikasi yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan materi perancangan media validasi prototype media oleh uji ahlidan calon pengguna revisi produk uji coba audiens revisi produk dan produk akhir Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah dinyatakan sangat valid oleh ahli media ahli materi dan calon pengguna dengan perolehan skor masing-masing 102 114 dan 101. Tingkat validitas ini didasarkan pada kriteria skor validitas yang dikonversikan menggunakan skala Likert. Setelah dilakukan uji coba awal dengan menggunakan subyek coba 10 siswa kelas III didapatkan bahwa media Puzzle Elektro dinyatakan sangat efektif dengan perolehan prosentase keefektifan 94 8%. Dinyatakan sangat efektif pula berdasarkan kriteria ketercapaian indikator dengan skor 17 dan mencapai kriteria keefektifan media sangat valid berdasarkan hasil postes siswa yaitu skor 84. Hasil akhir adalah produk media Puzzle Elektro yang bentuknya mengadaptasi dari permainan puzzle pada umumnya dengan ukuran 50 cm x 50 cm dengan spesifikasi terdiri dari 5 kepingan puzzle dengan tulisan 5 sandhangan swara 1 kepingan puzzle aksara na di tengah bidang puzzle tulisan wulu suku pepet taling taling tarung di atas bidang puzzle dengan lampu LED di masing-masing bawah tulisan tulisan ni nu ne ne no di bagian kanan bidang puzzle dengan lampu LED di masing-masing bawah tulisan selain itu media Puzzle Elektro dilengkapi dengan perangkat lain seperti profil media petunjuk penggunaan dan RPP. Apabila Puzzle Elektro digunakan oleh siswa selain SDN Sumberejo 03 Batu isi materi lebih baik menyesuaikan buku pegangan bahasa Jawa yang dipakai oleh sekolah itu sendiri. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104627

Actions (login required)

View Item View Item