Pengembangan media peta elektronik pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha di kelas V SDN Sumberejo 3 Batu / Vina Agustina Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media peta elektronik pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha di kelas V SDN Sumberejo 3 Batu / Vina Agustina Widayati

Widayati, Vina Agustina (2012) Pengembangan media peta elektronik pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha di kelas V SDN Sumberejo 3 Batu / Vina Agustina Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media Peta Elektronik IPS SD Kemampuan siswa mengingat letak peninggalan sejarah dan macam-macam peninggalan sejarah sangat terbatas. Fakta menunjukkan bahwa daya ingat siswa kelas V SDN Sumberejo 3 Batu terhadap letak dan macam-macam peninggalan sejarah masih kurang. Perlu adanya media yang bisa membantu siswa mengingat letak dan macam-macam peninggalan sejarah masa Hindu-Budha dengan benar. Tujuan penelitian pengembangan ini yang (1) mengahasilkan rancangan pembelajaran materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha (2) yaitu menghasilkan produk media peta elektronik untuk pembelajaran materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha. Metodologi penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan modifikasi yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan materi perancangan media validasi prototype media oleh uji ahli dan calon pengguna revisi produk uji coba audiens revisi produk dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah dinyatakan sangat valid oleh ahli media ahli materi dan calon pengguna dengan perolehan skor masing-masing 103 112 dan 112. Tingkat validitas ini didasarkan pada kriteria skor validitas yang dikonversikan menggunakan skala Likert. Setelah dilakukan uji coba awal dengan menggunakan subyek coba 10 siswa kelas V didapatkan bahwa media Peta Elektronik juga dinyatakan efektif dengan perolehan prosentase keefektifan 82 6%. Dinyatakan sangat efektif pula berdasarkan kriteria ketercapaian indikator dengan skor 14 dan mencapai kriteria keefektifan media sangat valid berdasarkan hasil postest siswa yaitu skor 86. Hasil akhirnya adalah (1) pembelajaran materi peninggalan sejarah masa Hindu-Budha (2) produk media Peta Elektronik yang mengadaptasi dari media Peta dengan ukuran 70cmx50cm yang berupa peta timbul dan dilengkapi dengan lampu LED kabel dan baterai. Selain itu media Peta Elektronik juga dilengkapi perangkat lain yaitu profil media petunjuk penggunaan bagi guru dan RPP. Pemanfaatan media peta elektronik ini perlu diadakan uji coba lapangan dalam skala luas agar media peta elektronik ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Validasi ahli perlu dilakukan lebih dari satu orang ahli agar lebih valid dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104625

Actions (login required)

View Item View Item