Li'ana (2012) Penerapan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV MI Bahrul Ulum Kecamatan Pandaan / Li'ana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Discovery Pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA harus melibatkan unsur-unsur proses dan aktivitas siswa baik secara mental maupun fisik sehingga siswa harus benar-benar tahu apa yang dialami secara langsung dan nyata. Namun kenyataan di lapangan siswa kurang dilibatkan sehingga anak kurang menguasai konsep yang dapat menyebabkan prestasi anak rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Discovery pada pembelajaran IPA (2) Aktivitas belajar siswa selama penerapan model Discovery (3) Hasil belajar siswa tentang Struktur Tumbuhan setelah diterapkan model pembelajaran Discovery (4) Peningkatan hasil belajar IPA menerapkan model Discovery. Rancangan penelitian yang digunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus pada setiap siklusnya terdiri dari (1) Planning (2) Acting dan Observing (3) Reflecting (4) Revise Plan. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dokumentasi tes. Teknik analisis dengan paparan data pengolahan dan penyimpulan. Hasil penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery yang awalnya siswa kurang terbiasa sehingga belum bisa dilaksanakan dengan baik namun setelah diberikan tindakan di siklus II bisa dilaksanakan dengan baik. Sedangkan hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 jumlah skor sampai 8 8% dan 9 2% pada pertemuan II sedangkan siklus II pertemuan I Jumlah skor 9 4% dan 9 7% pada pertemuan II. Sedangkan hasil belajar setelah penerapan model Discovery skor nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 mendapat rata-rata skor tes yaitu 53 75 sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 75 62. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi pokok struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya di kelas IV MI. Bahrul Ulum Kecamatan Pandaan. Saran dalam menerapkan model Discovery hendaknya guru selalu menggunakan model pembelajaran memberikan hadiah kecil pada siswa yang aktif dalam pembelajaran memberi kesempatan siswa untuk senantiasa mencari info sendiri terlebih dahulu sebelum guru memberikan materi agar siswa dapat mandiri dan hendaknya selalu dibuat peraturan-peraturan belajar agar siswa dapat belajar disiplin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104624 |
Actions (login required)
View Item |