Penerapan model Learning Cycle (LC) 5 fase untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV B SDN Penanggungan Kota Malang / Choirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Learning Cycle (LC) 5 fase untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV B SDN Penanggungan Kota Malang / Choirul Anam

Anam, Choirul (2012) Penerapan model Learning Cycle (LC) 5 fase untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV B SDN Penanggungan Kota Malang / Choirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model learning cycle 5 fase aktivitas belajar hasil belajar IPA Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) 5 fase adalah salah satu model pembelajaran yang bersifat konstruktivistik. Dalam pembelajaran dengan menggunakan LC 5 fase siswa secara aktif membangun sendiri pengetahuannya melalui aktivitas percobaan. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas IV B SDN Penanggungan Malang ditemukan fakta bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran belum optimal karena metode yang digunakan guru belum dapat mengaktifkan siswa. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan rata-rata nilai kelas hanya mencapai 63 3 dengan ketuntasan belajar klasikal 45 4%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan model LC 5 fase 2) aktivitas belajar siswa dan 3) hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitiannya PTK (Penelitian Tindakan Kleas) dalam bentuk kolaboratif. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 x pertemuan terdiri dari 4 tahap pada setiap siklus yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan dan pengamatan 3) refleksi dan 4) rencana perbaikan.Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dokumnetasi tes dan wawancara. Hasil Penelitian dengan menerapkan model LC 5 fase ini menunjukkan bahawa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata kelasnya 73 8 dan pada siklus II 77 0 dengan kategori nilai baik. Hasil belajar dengan SKM 70 pada siklus I rata-rata kelasnya 71 9 (78 7%) pada siklus II 85 (93 9%) dengan kategori nilai sangat baik. Penerapan model LC 5 fase pada pembelajaran IPA dapat membuat aktivitas belajar siswa menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan efektif. Berdasarkan paparan di atas disarankan bagi guru untuk menerapkan model LC 5 fase dalam pembelajaran IPA dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104622

Actions (login required)

View Item View Item