Kristiana, Ririn (2012) Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar bangun ruang siswa kelas V SDN Kepanjen 02 / Ririn Kristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kristiana Ririn. 2012. Pengaruh penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN Kepanjen 02. Skripsi Prodi PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd Kata kunci pengaruh jigsaw hasil belajar bangun ruang Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa mampu menggunakan penalaran pada pola dan sifat melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika sehingga diharapkan adanya model pembelajaran yang inovatif dan mampu mewujudkan tujuan pembelajaran tersebut. Namun dalam kenyataannya pembelajaran matematika masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang yaitu dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas VA yang menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw dengan siswa kelas VB yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi bangun ruang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental semu (Quasi experimental). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pre test dan pos test. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t pada hasil kemampuan awal siswa dan kemampuan akhir siswa yang diawali dengan uji prasyarat analisis normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw yang semula 58 75 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 30 rata-ratanya meningkat menjadi 77 5 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 40 serta terdapat 5 siswa dari 40 siswa atau 12% siswa yang mendapat nilai dibawak KKM 70. Dari nilai hasil uji pre test dan post test dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 31%. Nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kelas eksperimen sudah di atas KKM 70 sehingga pembelajaran matematika materi bangun ruang sudah menunjukkan hasil yang baik. Dampak positif dalam penelitian ini perhatian konsentrasi dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat. Selama proses pembelajaran berlangsung interaksi antara guru dan siswa menjadi baik. Siswa dalam melakukan kegiatan kelompok jigsaw sesuai dengan langkah-langkah penerapan model jigsaw sehingga siswa dapat berfikir kritis pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan menguatkan pemahaman siswa sehingga model jigsaw sangat cocok diterapkan dalam pendidikan di Indonesia yang menjunjung tinggi nilai gotong royong
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |