Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui model Realistic Mathematic Education (RME) untuk mengembangkan kreatif siswa kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung / Agustina Prima Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui model Realistic Mathematic Education (RME) untuk mengembangkan kreatif siswa kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung / Agustina Prima Wardani

Wardani, Agustina Prima (2012) Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui model Realistic Mathematic Education (RME) untuk mengembangkan kreatif siswa kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung / Agustina Prima Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Agustina Prima. 2012. Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Mengembangkan Kreatif Siswa Kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (2) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci hasil belajar kpk dan fpb rme kreatif Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V pada waktu pembe-lajaran Matematika diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu dari 16 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau 8805 65 sedangkan 10 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 8804 64. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang KPK dan FPB tersebut setelah memberikan tugas kepada siswa guru meninggal-kan ruangan guru tidak menggunakan strategi metode maupun model pembelaja-ran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa serta masih ba-nyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatif siswa serta tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Realistic Mathematic Education (RME). Rumusan masalah penelitian ini (1) bagaimanakah penerapan model pem-belajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil bela-jar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi KPK dan FPB (2) apakah ada peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) (3) apakah model Realistic Mathematic Educati-on (RME) dapat mengembangkan kreatif siswa pada materi KPK dan FPB Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar) guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer proses pembelajaran KPK dan FPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi KPK dan FPB siswa kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu persentase pada siklus I 68 75% dan pada siklus II 78 84%. Peningkatan hasil belajar tersebut juga diimbangi dengan perkembangan kreatif siswa pada siklus I 70 83% menjadi 87 49% pada siklus II. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran KPK dan FPB melalui model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kreatif siswa kelas V SDN II Gamping Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembe-lajaran Matematika pada materi KPK dan FPB agar hasil belajar siswa meningkat dan kreatif siswa berkembang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104618

Actions (login required)

View Item View Item