Kardiastuti, Weda (2012) Peningkatan pembelajaran PKn melalui model jigsaw di kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar / Weda Kardiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astuti Weda Kardi. 2012. Peningkatan Pembelajaran PKn Melalui Model Jigsaw di Kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar. Skripsi Program S-I Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Suwarti S.Pd M.Pd Dra. Widayati M.H. Kata Kunci peningkatan hasil belajar PKn model jigsaw Penelitian ini memiliki latar belakang rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV di SDN Talun 05 Kabupaten Blitar. Dari 19 siswa terdapat 15 siswa atau 79% siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang ditetapkan sekolah. Hal tersebut tidak sesuai dengan harapan sekolah yang mengharapkan ketuntasan belajara klasikal mata pelajaran PKn yaitu 8805 70%. Berdasarkan hal tersebut guru perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan model jigsaw pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar dan (2) peningkatan pembelajaran PKn di kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar dengan model jigsaw. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar dengan jumlah 24 siswa. Setipa siklus PTK terdiri atas perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi tes hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase keberhasilan pembelajaran model jigsaw dan hasil belajara siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pratindakan ke siklus I yang mengalami peningkatan persentase rata-rata ketuntasan belajar klasikal yaitu dari 21% menjadi 51 %. Sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan persentase rata-rata ketuntasan belajar klasikal yaitu dari 50% menjadi 82%. Selain peningkatan hasil belajar aktifitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model jigsaw juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 55 5% menjadi 84 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatan bahwa penerapan model jigsaw dapat meningkatkan pembelajaran PKn di kelas IV SDN Talun 05 Kabupaten Blitar. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |