Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Agustinus Laklaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Agustinus Laklaka

Laklaka, Agustinus (2012) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar / Agustinus Laklaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laklaka Agustinus Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Sri Nuryati M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd Kata kunci keterampilan menulis narasi model picture and picture Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konvensional.Selain itu dari data hasil belajar bahasa Indonesia menunjukan bahwa siswa belum memahami pelajaran menulis narasi. Kemampuan menulis siswa yang rendah ini pada umumnya siswa belum dapat membuat kalimat yang baik dan sesuai dengan perintah soal yang dimaksud. Hal Ini mengakibatkan 88% siswa yang tidak tuntas mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan menulis narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar.Dan mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Bendo 2 Kabupaten Kota Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK).Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) releksi.Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Bendo 2 Kota Blitar yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 63% siklus I 73% dan siklus II 95% . Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 26% siklus I 67% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Untuk itu disarankan agar guru menggunakan model picture and picture karena selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104616

Actions (login required)

View Item View Item