Perbedaan penggunaan media E-learning google earth dan media peta terhadap hasil belajar IPS kelas 6 pada materi mengenal benua di SDN se-Gugus 1 Kota Malang / Nuralimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media E-learning google earth dan media peta terhadap hasil belajar IPS kelas 6 pada materi mengenal benua di SDN se-Gugus 1 Kota Malang / Nuralimah

Nuralimah (2012) Perbedaan penggunaan media E-learning google earth dan media peta terhadap hasil belajar IPS kelas 6 pada materi mengenal benua di SDN se-Gugus 1 Kota Malang / Nuralimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Google Earth Media Peta Hasil Belajar IPS SD Google Earth adalah sebuah program komputer mengenai globe virtual yang dikembangkan oleh Google. Program ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif pengganti peta dengan format tiga dimensi. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada materi yang mempelajari tentang bumi dan kenampakan alam dirasa kurang interaktif bagi siswa karena siswa hanya dihadapkan pada buku cetak saja. Berkaitan dengan ini maka dibutuhkan penelitian tentang media Google Earth tersebut sebagai inovasi media dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Google Earth dengan yang diajar menggunakan media peta pada siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi benua-benua di SD se-Gugus I Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan kuasi eksperimen (Pretest-Postest control Group Design). Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa Kelas VI semester satu di 2 Sekolah Dasar yaitu SDN Lowokwaru 2 dan SDN Lowokwaru 3 Kota Malang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 94 siswa yang terbagi atas dua kelompok. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perhitungan hasil perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kedua kelompok (gain score) yang dijadikan alat untuk mengukur hasil belajar siswa. Rata-rata gain score kelompok eksperimen (17 98) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (13 72). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang dibantu dengan program SPSS 16.0 for windows untuk analisis Compare Means Independent Sampel T Test menunjukkan nilai probabilitas (0 004) 0 05 yang berarti Ho gagal diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai gain score antara kelompok eksperimen (pembelajaran dengan Google Earth) dengan kelompok kontrol (pembelajaran dengan peta). Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VI antara kelas kontrol dan eksperimen dalam pembelajaran IPS. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini yaitu (1) Sekolah disarankan untuk menerapkan pembelajaran menggunakan media yang lebih interaktif seperti media Google Earth untuk meningkatkan hasil belajar (2) Guru disarankan untuk menggunakan media Google Earth pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar lainnya yang masih berhubungan dengan bumi (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan eksperimen lanjutan dengan mengembangkan media Google Earth dalam pembelajaran IPA PKn Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104615

Actions (login required)

View Item View Item