Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model Guided Note Taking pada siswa kelas II SDN Gedog 2 Kota Blitar / Fajar Sugeng Trilaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model Guided Note Taking pada siswa kelas II SDN Gedog 2 Kota Blitar / Fajar Sugeng Trilaksono

Trilaksono, Fajar Sugeng (2012) Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model Guided Note Taking pada siswa kelas II SDN Gedog 2 Kota Blitar / Fajar Sugeng Trilaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model guided note taking hasil belajar matematika operasi penjumlahan operasi pengurangan Penelitian dilakukan di Kelas II SDN Gedog 2 Kota Blitar yang terdiri dari 29 siswa dengan 16 siswa belum memenuhi ketuntasan minimum 65 yang sudah ditetapkan di sekolah sehingga tingkat ketuntasan klasikal hanya 56 7% dan masih kurang dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dengan demikian pada tanggal 13 September 2012 dilakukan observasi dan wawancara kepada siswa dan guru di Kelas II SDN Gedog 2 Kota Blitar. Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa (1) siswa tidak menguasai nilai tempat sehingga kurang pahamnya siswa terhadap penjumlahan dua bilangan yang dikerjakan secara bersusun pendek (2) siswa kurang teliti dalam mengerjakan penjumlahan dua bilangan (3) sebagian siswa kesulitan melakukan penjumlahan bilangan yang terdiri dari tiga angka terutama dalam hal penyimpanan dan (4) guru menyampaikan materi dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Hidayah dan Sugiharto (2007 4) pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Komunikan pada proses pembelajaran adalah siswa sedangkan komunikatornya adalah guru dan siswa. Berdasarkan pendapat tersebut jelas bahwa kegiatan pembelajaran tidak lepas dari dua komponen yang saling terikat yaitu guru dan siswa. Aunurrahman (2010 34) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang disusun sedemikian rupa untuk mendukung dan mempengaruhi terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal . Hasil wawancara dengan siswa diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa menganggap pelajaran matematika membingungkan dan membosankan. Hal itu karena gurunya kurang menarik suaranya kurang keras dan selalu ceramah sehingga siswa merasa jenuh. Sedangkan hasil wawancara dengan guru dapat diketahui bahwa guru tidak pernah menggunakan model-model pembelajaran yang lain atau model pembelajaran yang terbaru kurang memanfaatkan media pembelajaran dan sebagian besar siswa tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan materi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami operasi penjumlahan dengan cara bersusun pendek. Melalui observasi dan wawancara tersebut maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa masih berada di bawah rata-rata kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut maka guru perlu menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Temuan penelitian dari Herenana (2011 1) menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran guided note taking dalam pembelajaran IPS di Kelas VC SDN Benteng 3 Kota Malang dilaksanakan dengan sangat baik . Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pelaksanaan pembelajaran matematika tentang operasi penjumlahan pada tahap pratindakan 2) hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan pada tahap pratindakan 3) pelaksanaan operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model guided note taking pada setiap siklus 4) hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model guided note taking pada setiap siklus dan 5) peningkatan hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan dan pengurangan melalui model guided note taking pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104614

Actions (login required)

View Item View Item