Andika, Ernes Dwi (2012) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media CAI dan media gambar diam mata pelajaran IPS kelas IV SD Kecamatan Lokwaru Kota Malang / Ernes Dwi Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Media CAI Media Gambar Diam IPS IPS merupakan salah satu matapelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Dalam pembelajaran IPS diperlukan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian memusatkan pemikiran membangkitkan kesenangan dan menumbuhkan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Media pembelajaran berbantuan komputer atau Computer Assisted Instruction (CAI) dan media gambar diam adalah dua jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS SD. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai perbedaan hasil belajar menggunakan kedua media pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 13 kelas. Sedangkan sampelnya adalah siswa SDN Lowokwaru 3 kelas IVA yang diajar menggunakan media CAI dan siswa kelas IVB yang diajar menggunakan media gambar diam. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan instrumen soal tes yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Kegiatan analisis data dimulai dengan tahap uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas pada data nilai pre test post test dan gain score. Jika telah terpenuhi tahap selanjutnya adalah uji hipotesis pada data nilai pre test post test dan gain score. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa siswa kelas IVA memperoleh nilai rata-rata pre test 60 6 post test 79 4 dan gain score 18 8. Sedangkan siswa kelas IVB memperoleh nilai rata-rata pre test 58 3 post test 68 8 dan gain score 10 5. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap nilai gain score siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB diketahui nilai probabilitas (Asymp Sig.) 0 001 0 05 diperoleh thitung 3 495 ttabel 1 990. Jadi dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata gain score siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media CAI dan media gambar diam pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat diberikan saran yaitu penerapan pembelajaran menggunakan media CAI perlu mempertimbangkan sarana prasarana alokasi waktu dan tempat yang memadai kemapuan guru dan siswa dalam mengoperasikan media CAI. Sedangkan Penerapan pembelajaran menggunakan media gambar diam perlu memperhatikan warna yang menarik ukuran yang dapat menjangkau semua siswa di dalam kelas dan maksud dari gambar diam yang mudah dimengerti oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |