Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar / Syafi'ati Nugrahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar / Syafi'ati Nugrahayu

Nugrahayu, Syafi'ati (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar / Syafi'ati Nugrahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar Contextual Teaching and Learning (CTL) berfikir kreatif. Pembelajaran Matematika dengan model contextual teaching and learning (CTL) menuntut guru untuk kreatif dalam memberikan permasalahan yang ada disekitar siswa sehingga siswa dapat menggali pengetahuannya dan menumbuh-kan kreativitasnya dari masalah yang ditemuinya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV pada waktu pem-belajaran Matematika ditemukan bahwa (1) dalam pembelajaran guru hanya me-nerangkan di papan tulis memberikan pertanyaan dan tugas (2) guru jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran (3) siswa bermain sendiri dan mengganggu teman sebangkunya (4) setelah memberikan tugas siswa di-tinggal keluar oleh guru serta (5) di akhir pembelajaran tugas dibahas bersama-sama dan dinilai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Contex-tual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN Pagerwojo 04 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan ke-mampuan berfikir kreatif siswa Kelas IV SDN Pagerwojo 04 melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis pe-nelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari pe-rencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teach-ing and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika di kelas IV sudah baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/komponen model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada saat pembelajaran berlangsung. Terlihat dari aktivitas guru pada siklus I yaitu 58 25% dan pada siklus II yaitu 81 48%. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan yaitu 23 52% pada siklus I yaitu 29 41% dan pada siklus II yaitu 76 47%. Sedangkan dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV pada siklus I persentase hasil yang diperoleh yaitu 39 21% dan pada siklus II yaitu 70 59%. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut sebagai berikut. Pertama pem-belajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang terdiri dari tujuh komponen yaitu kontruktivisme inkuiri bertanya masyarakat belajar permodelan refleksi dan penilaian nyata dari ketujuh komponen tersebut sudah dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada tiap siklus dan penerapan pembelajaran dengan model CTL tersebut sudah baik. Kedua berdasar-kan hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I meningkat sebesar 5 89% dan dari siklus I ke siklus II me-ningkat sebesar 47 06%. Ketiga dari hasil pengamatan dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV tersebut sudah baik kemampuan ber-fikir kreatif siswa kelas IV dari siklus I ke siklus II sudah meningkat sebanyak 31 38%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104612

Actions (login required)

View Item View Item