Studi perbandingan tentang hasil belajar perkalian teknik bersusun dan teknik gelosia pada siswa kelas IV MI Winongan Pasuruan / Erna Setiorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan tentang hasil belajar perkalian teknik bersusun dan teknik gelosia pada siswa kelas IV MI Winongan Pasuruan / Erna Setiorini

Setiorini, Erna (2012) Studi perbandingan tentang hasil belajar perkalian teknik bersusun dan teknik gelosia pada siswa kelas IV MI Winongan Pasuruan / Erna Setiorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiorini Erna. 2012. Studi Perbandingan Tentang Hasil Belajar Perkalian Teknik Bersusun dan Teknik Gelosia Pada Siswa kelas IV MI Winongan Pasuruan. Skripsi Jurusan PGSD. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Perbandingan perkalian teknik bersusun dan teknik Gelosia Materi Pelajaran Matematika tentang perkalian bilangan kurang dari empat angka terdapat beberapa cara penyelesaian yang berbeda antara lain dengan teknik bersusun dan teknik Gelosia. Dari kedua teknik yang berbeda tersebut berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Hal tersebut yang menjadikan peneliti tertarik untuk membandingkan hasil belajar siswa pada penyelesaian perkalian dengan teknik bersusun dan Gelosia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal yang mencakup nilai hasil belajar siswa dan perbandingan nilai hasil belajar siswa kelas IV dengan teknik bersusun dan teknik Gelosia. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Winongan Pasuruan dengan banyak siswa 105 siswa dari 10 MI yang ada. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode Kausal Komparatif. Pada penelitian ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui tes dan wawancara terhadap guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang akan digunakan terlebih dahulu diuji secara validitas dan reliabilitas. Kegiatan analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji t. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama data skor tes hasil belajar perkalian teknik bersusun dikategorikan rendah. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami konsep perkalian dan langkah-langkah dalam menyelesaikan tes. Kedua data skor tes hasil belajar perkalian teknik Gelosia dikategorikan cukup. Karena dengan teknik Gelosia siswa merasa lebih mudah mengerjakan tes tidak perlu menulis simpanan hasil perkalian sehingga penghitungan yang dilakukan siswa lebih akurat dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes lebih sedikit. Ketiga berdasarkan analisis data dari hasil penelitian uji hipotesis bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV pada perkalian teknik bersusun dan perkalian teknik Gelosia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104609

Actions (login required)

View Item View Item