Survey kesulitan dan usaha guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SD se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Frida Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey kesulitan dan usaha guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SD se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Frida Sri Wulandari

Wulandari, Frida Sri (2012) Survey kesulitan dan usaha guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SD se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Frida Sri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesulitan guru usaha guru pembelajaran sastra Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas tinggi SDN Purwodadi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang pada pembelajaran sastra dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran sastra di antaranya adalah guru belum memahami ketiga genre sastra apresiasi guru terhadap karya sastra kurang sedikitnya waktu untuk apresiasi sastra seperti deklamasi puisi dan drama belum adanya wadah yang tepat untuk menumbuhkembangkan bakat sastra yang dimiliki siswa seperti drama klasikal ketika perpisahan kelas VI yang tertunda karena biaya alat evaluasi hanya berupa evaluasi kognitif keengganan guru menggunakan media untuk menarik perhatian dan minat siswa terhadap sastra pembelajaran sastra terfokus pada LKS dan buku paket serta budaya menulis membaca karya sastra masih minim. Dari kenyataan tersebut berakibat minimnya pengetahuan sastra siswa terutama pada kegiatan apresiasi sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan dan usaha guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SD Se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian terbatas pada kegiatan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran puisi prosa drama di kelas tinggi SD Se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif (survey). Prosedur dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel berstrata atau stratified sample. Dalam penelitian ini sampel berstrata berupa tingkatan kelas tinggi. Tahap pengumpulan data yang dilakukan berupa 1) persiapan meliputi menyusun instrumen penelitian pengurusan izin mengadakan penelitian menyusun cara pengumpulan data observasi awal 2) pelaksanaan meliputi penyebaran angket pengumpulan data angket dan wawancara pengolahan data 3) pengolahan data analisis data yang diperoleh dari angket dan hasil wawancara dicek untuk kemudian disusun dan diolah sehingga data tersebut siap untuk dianalisis 4) penulisan laporan dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Hasil yang diperoleh dari survey ini adalah kesulitan pembelajaran sastra terletak pada tahap perencanaan pembelajaran berupa pengembangan silabus dengan skor 88 yang dialami oleh 12 guru dengan kriteria sikap kadang-kadang pembimbingan proses penyusunan puisi prosa dan drama dengan skor 89 yang dialami oleh 12 guru dengan kriteria sikap sering. Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan pembelajaran sastra tersebut adalah guru bertanya dan mendatangkan para ahli pembelajaran sastra. Kesimpulan penelitian ini adalah Survey kesulitan dan usaha guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SD se-gugus VII Kecamatan Blimbing memiliki skor sebesar 106. Skor tersebut berarti bahwa guru kadang-kadang mengalami kesulitan pembelajaran puisi prosa dan drama di kelas tinggi SD se-gugus VII Kecamatan Blimbing Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada UPT Kecamatan Blimbing untuk mengadakan pelatihan sastra berupa penyusunan puisi prosa dan drama serta apresiasi sastra kepada guru SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104606

Actions (login required)

View Item View Item