Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan tanggung jawab siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung / Vemby Ika Rasiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan tanggung jawab siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung / Vemby Ika Rasiana

Rasiana, Vemby Ika (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan tanggung jawab siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung / Vemby Ika Rasiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rasiana Vemby Ika. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Tanggung Jawab Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (II) Dra. Hj. Wasih D.S. M.Pd. Kata kunci hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah tanggung jawab operasi hitung campuran Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya. Hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN Kenayan 01 pada observasi pendahuluan menunjukkan bahwa lebih dari 40% siswa kelas IV mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 65 Siswa kurang bisa memfokuskan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan oleh guru karena dalam menjelaskan materi kurang bisa dipahami oleh siswa dan kurangnya media yang digunakan Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung (2) peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa Kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung dan (3) peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa Kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan aktivitas guru mendapat persentase sebesar 66 7% dengan kriteria cukup pada pertemuan 1 siklus I meningkat sebesar 16 7% menjadi 83 4% dengan kriteria baik pada pertemuan 2 pada siklus II dari 77 8% dengan kriteria baik meningkat sebesar 16 7 menjadi 94 5% dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2 (2) aktivitas siswa pada siklus I dari 67% dengan kriteria cukup meningkat sebesar 11 57 menjadi 78 57% dengan kriteria baik pada siklus II dari 79 26% dengan kriteria baik meningkat sebesar 7 74% menjadi 87% dengan criteria sangat baik (3) hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I mendapat persentase sebesar 59% dengan kriteria cukup meningkat sebesar 13 2% menjadi 72 2% dengan kriteria baik pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 77% dengan kriteria baik meningkat sebesar 3% menjadi 80% dengan kriteria baik (4) Sikap tanggung jawab siswa pada siklus I pertemuan I mendapat persentase sebesar 67 73% dengan kriteria cukup meningkat sebesar 11 01 menjadi 78 74% dengan kriteria baik pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 80 2% dengan kriteria baik meningkat sebesar 11 4% menjadi 91 6% dengan kriteria sangat baik pada pertemuan II. Simpulan hasil penelitian tersebut antara lain (1) Pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah (2) Hasil belajar dan (3) Tanggung jawab siswa kelas IV SDN Kenayan 01 Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkat. Saran yang dikemukakan untuk guru hendaknya kreatif dalam inovasi pembelajaran yang menunjang mutu pendidikan dengan menerapkan model-model pembelajaran terbaru sebagai upaya perbaikan peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104604

Actions (login required)

View Item View Item