Peningkatan hasil belajar matematika melalui model STAD untuk mengembangkan karakter tanggung jawab di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar / Susiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model STAD untuk mengembangkan karakter tanggung jawab di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar / Susiani

Susiani (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model STAD untuk mengembangkan karakter tanggung jawab di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar / Susiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan hasil belajar perkembangan karakter tanggungjawab pembelajaran matematika STAD Observasi awal di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar pembelajaran matematika tentang perkalian dan pembagian belum memenuhi standar. Penyebabnya adalah siswa belum memahami konsep perkalian dan pembagian guru menyampaikan materi dengan metode ceramah pemberian tugas kurang menggunakan media dan tidak menggunakan RPP selain itu guru juga kesulitan dalam mengelola kelas yang terdiri dari siswa yang heterogen. Siswa yang heterogen tersebut mengakibatkan penurunan dalam karakter tanggungjawab siswa karena siswa yang lambat sering kali menyontek siswa yang cepat. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan perbaikan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan karakter tanggungjawab siswa melalui model STAD. Tujuan penelitian pada skripsi ini ada tiga. Tujuan yang pertam adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model STAD dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan karakter tanggungjawab siswa di SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melaui model STAD di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar .Tujuan ketiga yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan karakter tanggungjawab dalam pembelajaran matematika melaui model STAD di kelas III SDN Gembongan 04 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pende-katan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai beri-kut 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Data yang diperoleh ada tiga yaitu penerapan model STAD dengan sumber data guru dan siswa data hasil belajar dan karakter tanggungjawab siswa dengan sumber data siswa sedangkan instrumennya berupa lembar observasi lembar tes pedoman wawancara dan kamera digital. Data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan mulai tanggal 5 November 2012 sampai 19 November 2012 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan perkembangan karakter tanggungjawab siswa setelah menggunakan model STAD. Hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata kelas dari silus I sampai siklus II adalah 67 68 77 dan 79. Sedangkan karakter tanggungjawab dari siklus I sampai siklus II dilihat dari persentase sangat baik dan baik adalah 72% 80% 88% dan 92%. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah Hasil belajar matematika siswa meningkat setelah menerapkan model STAD yaitu terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa secara klasikal dan persentase siswa yang kualifikasinya sangat baik dan baik pada siklus I sampai siklus II. Hal ini tampak pada perolehan rata-rata klasikal sebesar 67 68 77 dan 79. Sedangkan persentase siswa yang kualifikasinya sangat baik dan baik pada masing-masing siklus adalah siklus I pertemuan 1 dan 2 mengalami penurunan 4% dari ketuntasan klasikal 56% menjadi 52% yang disebabkan banyaknya siswa yang pesimis dalam bersaing memperoleh predikat terbaik. Sedangkan pada siklus II petemuan 1 dan 2 sudah mengalami peningkatan sebesar 4% yaitu dari 76% menjadi 80%. Karakter tanggungjawab siswa pada pembelajaran matematika melalui model STAD mengalami perkembangan. Tampak dari siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 1 meningkat. Namun pada siklus II pertemuan 2 menurun hal ini disebabkan oleh perkelahian yang dilakukan oleh siswa di kelas III. Meskipun demikian persentase siswa yang memiliki kualifikasi sangat baik dan baik dari siklus I sampai siklus II selalu meningkat yaitu dari 72% 80% 88% dan 92% dengan hasil akhir tersisa dua anak yang kurang memiliki karakter tanggungjawab karena adanya faktor perkelahian siswa. Saran yang diberikan berdasarkan kesimpulan adalah (1) bagi siswa disarankan agar aktif mengikuti kegiatan pembelajaran (2) bagi guru hendaknya menerapkan model stad agar siswa lebih aktif dan mudah mdalam mengelola kelas yang hterogen (3) bagi kepala sekolah hendaknya menyarankan guru untuk menggunakan model STAD jika guru mengalami kesulitan dalam mengelola kelas yang hetrogen (4) bagi sekolah dengan adanya penelitian ini sekolah hendaknya dapat meningkatkan ketrampilan guru perbaikan proses dan hasil belajar siswa sehingga kualitas tujuan pembelajaran dapat ditingkatkan (5) bagi peneliti selanjutnya untuk bisa lebih memperbaiki dan menambahkan yang belum ada pada penelitian ini sehingga harapannya model STAD ini bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan membawa perubahan yang berarti bagi peningkatan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104602

Actions (login required)

View Item View Item