Penerapan model Contetextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Sambigede 01 Sumberpucung-Malang / Yayuk Yuliawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Contetextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Sambigede 01 Sumberpucung-Malang / Yayuk Yuliawati

Yuliawati, Yayuk (2012) Penerapan model Contetextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Sambigede 01 Sumberpucung-Malang / Yayuk Yuliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pembelajaran IPA Hasil observasi di kelas IV menyatakan bahwa dalam pembelajaran IPA guru belum melibatkan siswa secara aktif. Guru berperan lebih banyak bila dibandingkan dengan siswanya. Permasalahan yang muncul siswa hanya diam dan mendengarkan tanpa menunjukkan rasa ingin tahu. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model CTL. Dengan CTL siswa terlatih untuk aktif serta mampu membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) Penerapan model CTL pada pelajaran IPA materi wujud benda dan sifatnya (2) Aktivitas siswa dengan menerapkan model CTL (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model CTL. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan siklus II ditempuh selama 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) observasi (2) tes hasil belajar (3) dokumentasi (4) catatan lapangan. Subyek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian penerapan model CTL dalam pembelajaran IPA sebagai berikut (1) Aktivitas tindakan guru dalam menerapkan model CTL sangat baik (2) Aktivitas belajar siswa mengalami kategori cukup aktif dan pada siklus II menjadi 75 dengan kategori aktif (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model CTL mengalami peningkatan rata-rata nilai 77 4 dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 81 5 pada siklus II. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% menjadi 87% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dan saran yang dapat diajukan dalam proses pembelajaran CTL diharapkan peran guru lebih kreatif dalam memotivasi siswa agar dapat menemukan pengetahuannya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104601

Actions (login required)

View Item View Item