Penggunaan model Snowball Throwing untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDNU Bangil / Achmad Zahron - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model Snowball Throwing untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDNU Bangil / Achmad Zahron

Zahron, Achmad (2012) Penggunaan model Snowball Throwing untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDNU Bangil / Achmad Zahron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model snowball throwing aktivitas belajar hasil belajar pembelajaran IPA. Berdasarkan pengamatan pembelajaran IPA kelas V semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 pada tanggal 12 Januari 2012 belum sepenuhnya berpusat pada siswa namun berlangsung patuh tapi pasif. Dari 33 siswa yang kurang aktif mencapai 25 siswa dan hanya 6 siswa yang berani untuk mengajukan pertanyaan secara mandiri sedangkan berdasarkan data hasil belajar yang didokumentasikan guru nilai rata-rata IPA siswa kelas V pada awal semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 belum mencapai Standart Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang telah ditentukan yaitu 75. Dari 33 siswa yang mendapat nilai memenuhi SKBM adalah 11 siswa (33 33 %) sedangkan 22 siswa (66 67 %) belum memenuhi SKBM. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model snowball throwing pada pembelajaran IPA di Kelas V SDNU Bangil Pasuruan (2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDNU Bangil Pasuruan ketika diterapkan model snowball throwing. (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDNU Bangil Pasuruan yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan paparan data pengelolaan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian pembelajaran IPA dengan menggunakan model snowball throwing yang awalnya siswa kurang terbiasa sehingga 6 indikator dari model snowball throwing belum bisa dilaksanakan namun setelah diberikan tindakan di siklus II bisa dilaksanakan semuanya. Sedangkan hasil aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 57 57% dan pada siklus 2 mencapai 81 81 % sedangkan hasil belajar setelah penerapan model snowball throwing skor nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 mendapat rata-rata skor tes yaitu 71 12 sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 81 21 Saran yang diberikan adalah (1) penggunaan model snowball throwing hendaknya dijadikan pendamping dalam pembelajaran IPA selain eksperimen yang merupakan pokok dari pembelajaran IPA untuk mengaktifkan siswa (2) pembuatan RPP dan melakukan pengelolaan kelas yang baik lebih khususnya pada pembentukan kelompok maupun proses melempar bola pada kelompok lain (3) perlunya pendampingan pada setiap langkah pada model ini (4) perlunya memberikan motivasi agar lebih berani dalam mengungkapkan pendapat maupun mengajukan pertanyaan (5) penggunaan bahasa dalam pembuatan lembar kegiatan siswa hendaknya sesuai dengan karakteristik siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104600

Actions (login required)

View Item View Item