Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika kelas VIII siswa RSBI di SMP Negeri IV Kepanjen Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Prabawanto Adi Sasongko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika kelas VIII siswa RSBI di SMP Negeri IV Kepanjen Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Prabawanto Adi Sasongko

Adi, Prabawanto (2010) Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika kelas VIII siswa RSBI di SMP Negeri IV Kepanjen Malang tahun pelajaran 2009-2010 / Prabawanto Adi Sasongko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemanfaatan multimedia pembelajaran Fisika Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat pesat. Perkembangan ini berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi politik sosial moral dan budaya bangsa. Oleh karena itu peran pendidikan sangatlah vital dalam rangka pengembangan SDM yang lebih kompeten di era yang sarat dengan perkembangan teknologi dan informasi. Salah satu contohnya dalah perkembangan teknologi informasi berupa multimedia. Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik teknik komputer dan perangkat lunak. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar suara animasi serta video disatukan dalam komputer untuk disimpan diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Dengan adanya penggunaan berbagai media pembelajaran tersebut diharapkan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik efisien dan efektif. Rintisan Sekolah Berstandar Internasional yang terus berupaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran untuk melayani siswa-siswanya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Upaya tersebut didukung dengan peningkatkan mutu pendidikan dan menjadikan lembaga pendidikan yang berkualitas dengan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan untuk terciptanya pembelajaran yang berkualitas salah satunya dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan multimedia khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis multimedia yang digunakan guru dalam pembelajaran Fisika pada materi cahaya kelas VIII H RSBI di SMP Negeri IV Kepanjen Malang (2) proses pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran Fisika pada materi cahaya kelas VIII H RSBI di SMP Negeri IV Kepanjen Malang (3) interaksi guru dan siswa dalam memanfaatkan multimedia pada pembelajaran Fisika materi cahaya Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis multimedia yang digunakan dalam pembelajaran fisika kelas VIII H RSBI di SMP Negeri IV kepanjen adalah multimedia interaktif yang berupa CD interaktif dan multimedia yang dipakai untuk media presentasi dengan menggunakan powerpoint 2007. Untuk pembelajaran yang lain guru menggunakan multimedia lain berupa video tutorial yang bersifat interaktif (2) proses pemanfaatan multimedia terdiri dari persiapan multimedia dan pemanfaatannya dalam pebelajaran. Dalam proses persiapan guru mempersiapkan dengan baik dan dalam proses pemanfaatannya multimedia telah memenuhi berbagai fungsi sehingga guru dan siswa dapat merasakan manfaat dari multimedia meskipun i ii terdapat beberapa hambatan (3) interaksi antara guru dan siswa berlangsung dengan baik karena guru dapat menyampaikan seluruh materi dan siswa memahami materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Selain itu siswa juga mendapatkan pengalaman belajar melalui interaksi secara aktif baik kepada guru dan kepada mulmedia yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan (1) Diharapkan guru Fisika lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam rangka pelaksanaan tugas profesinya. Salah satnya dengan melakukan pembelajaran berbasis multimedia. (2) Diharapkan untuk peneliti-peneliti lain dapat mengkaji secara mendalam tentang permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan multimedia dalam mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item