Febrianti, Yusnita Dwi (2012) Peningkatan pembelajaran IPA melalui model CTL pada siswa kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari Malang / Yusnita Dwi Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran IPA model CTL Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Namun dalam pembelajaran IPA kelas III di SDN Candirenggo 03 Singosari guru belum maksimal dalam mengaktifkan siswa untuk berbuat dan mengalami sendiri. Dalam pembelajaran CTL terdapat 7 komponen yang dapat mengaktifkan siswa dan membantu siswa mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari sehingga siswa akan lebih cepat memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Penerapan pembelajaran IPA melalui model CTL pada siswa kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari Malang 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari Malang menggunakan model CTL 3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari Malang menggunakan model CTL. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyeknya adalah siswa kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari Malang sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes evaluasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA model CTL yang dilakukan guru sudah sesuai dengan tahapan dalam CTL. Aktivitas guru selama menerapkan pembelajaran model CTL meningkat dari siklus 1 sebesar 78 8 menjadi 92 5 pada siklus 2. Aktivitas belajar siswa juga meningkat yakni nilai aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 67 81 yang dikategorikan aktif sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 88 15 yang dikategorikan sangat aktif. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75 53. Sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 81 14. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran IPA menggunakan model CTL dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Candirenggo 03 Singosari. Adapun saran yang harus dilakukan guru yaitu sebaiknya guru lebih jelas dalam menentukan alokasi waktu terutama dalam kegiatan pembelajaran di luar kelas. Selain itu sebaiknya anggota tiap kelompok tidak lebih dari 4 siswa agar guru lebih mudah dalam mengontrol siswa dan membimbing siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |