Perbedaan hasil belajar pembagian bilangan ditinjau dari pengurangan berulang dan pengukuran di kelas II SD se-Guslah V Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nur Shiyam - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pembagian bilangan ditinjau dari pengurangan berulang dan pengukuran di kelas II SD se-Guslah V Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nur Shiyam

Shiyam, Nur (2012) Perbedaan hasil belajar pembagian bilangan ditinjau dari pengurangan berulang dan pengukuran di kelas II SD se-Guslah V Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nur Shiyam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shiyam Nur. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Pembagian Bilangan ditinjau dari Pengurangan Berulang dan Pengukuran di Kelas II SD se-Guslah V Kec.Bangil Kab.Pasuruan. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci perbedaan pengurangan berulang pengukuran. Materi pelajaran matematika tentang pembagian bilangan dua angka di kelas II SD terdapat beberapa cara penyelesaian yang berbeda. Cara tersebut antara lain dengan pengurangan berulang dan pengukuran. Dari kedua cara penyelesaian tersebut berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti terdapat siswa yang mengalami kesulitan. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk membandingkan nilai hasil belajar siswa dalam penyelesaian pembagian dengan pengurangan berulang dan pengukuran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal yaitu tentang nilai hasil belajar dan perbedaan nilai hasil belajar siswa kelas II SD dengan penyelesaian secara pengurangan berulang dan pengukuran. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas II SD se-Guslah V Kec.Bangil Kab.Pasuruan yang berjumlah sebanyak142 siswa dari 6 SD yang ada. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif yang merupakan jenis komparatif. Peneliti melakukan analisis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas II SD tentang perbedaan penyelesaian pembagian dengan teknik pengurangan berulang dan teknik pengukuran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes hasil belajar dan wawancara. Instrumen penelitian yang akan digunakan terlebih dulu diuji secara validitas dan reliabilitasnya. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengkodean (coding) mengelompokkan jenis data dan menganalisis data. Dari hasil penelitian untuk hasil belajar pembagian dengan pengurangan berulang dan pengukuran siswa melakukan kesalahan dalam langkah-langkah pengerjaan dan kesalahan konsep. Dari 142 siswa yang mendapat nilai 65 s/d 77 terdapat 24 6% pada pengurangan berulang dan 25 4% pada pengukuran. Hasil penghitungan uji t diperoleh t hitung -0 030 yang lebih kecil dari t tabel 1 960. Dari data yang ada simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil belajar pembagian dengan pengurangan berulang dan pengukuran siswa kurang memahami konsep pembagian. Menurut Teori perkembangan intelektual jika struktur mental siswa yang ada tidak cukup kuat untuk menghubungkan pengetahuan yang baru maka dapat menyebabkan kesalahan konsep. Kedua hasil belajar pembagian dengan pengurangan berulang dan pengukuran terdapat sebagian siswa yang menjawab salah dalam melakukan langkah-langkah dalam pengerjaan. Keterampilan didasarkan atas pemahaman dan latihan yang cukup. Hal ini berguna agar siswa tidak mudah lupa tentang segala hal yang telah dipelajarinya Ketiga dari nilai hasil belajar pembagian dengan dua cara tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pembagian dengan pengurangan berulang saling berkesinambungan dengan pembagian dengan cara pengukuran. Hal tersebut karena penyelesaian pembagian dilakukan dengan cara bertahap dan satu sama lain saling berkesinambungan dalam pemahaman konsep tentang penyelesaian pengerjaan pembagian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104596

Actions (login required)

View Item View Item