Perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS melalui model Role Playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung / Laili Mualifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS melalui model Role Playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung / Laili Mualifah

Mualifah, Laili (2012) Perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS melalui model Role Playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung / Laili Mualifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mualifah Laili. 2012. Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA dan VB pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Role Playing dengan Model Konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S. Pd M. Pd (2) Dra. Sri Sugiharti M. Pd Kata Kunci Aktivitas Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Model Role Playing Model Konvensional Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap pembelajaran di kelas ditemukan fakta bahwa dalam pembelajaran sehari-hari masih didominasi oleh aktivitas guru melalui metode ceramah tanya jawab dan penugasan dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan aktivitas siswa hanya terbatas pada mendengarkan menulis dan mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) Adakah perbedaan aktivitas belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS KD 1.4 tentang keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia melalui model role playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung (2) Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS KD 1.4 tentang keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia melalui model role playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian kuantitatif quasi exsperimental design dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic kuantitatif dengan menggunakan uji T yang dibantu program SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbadaan yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa melalui model role playing dengan model konvensional. Siswa pada kelompok eksperimen yang mempunyai aktivitas belajar baik sekali ada 4 siswa baik ada 17 siswa cukup ada 8 siswa dan yang aktivitas belajarnya kurang ada 2 siswa. Sedangkan di kelas kontrol siswa yang mempunyai aktivitas belajar baik sekali ada 1 siswa baik ada 4 siswa cukup ada 21 siswa dang yang kurang ada 6 siswa. Hasil nilai rata-rata kedua kelompok (gain score) diperoleh hasil kelompok eksperimen (13 04) lebih tinggi dari rata-rata gain score kelompok kontrol (7 65) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS melalui model role playing dengan model konvensional SDN Tanjungsari 2 Tulungagung. Adapun saran pada penelitian ini yaitu (1) guru diharapkan dapat menerapkan model role playing sebagai salah satu alternatif pilihan dalam menentukan model pembelajaran karena model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) kepala sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini agar menjadi inspirsi dan rekomendasi dalam menerapkan model role playing khususnya pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104595

Actions (login required)

View Item View Item