Peningkatan hasil belajar PKn melalui model demonstrasi siswa kelas 3 SDIT Al-Kautsar Ponggok Blitar / Fajar Qorin Permana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model demonstrasi siswa kelas 3 SDIT Al-Kautsar Ponggok Blitar / Fajar Qorin Permana Sari

Sari, Fajar Qorin Permana (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model demonstrasi siswa kelas 3 SDIT Al-Kautsar Ponggok Blitar / Fajar Qorin Permana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permanasari Fajar Qorin. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Demonstrasi Siswa Kelas 3 SDIT Al-Kautsar Ponggok Blitar.skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (2) Dra. Sri Nuryati M. Pd Kata kunci hasil belajar demonstrasi Berdasarkan observasi di SDIT Al Kautsar diketahui siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru kurang aktif saat mengikuti pelajaran dan banyak yang bermain sendiri. Apabila guru memberikan tugas siswa malah sering mengganggu teman atau mencontoh pekerjaan dari teman.Guru hanya memberikan materi melalui metode ceramah dan hanya berpedoman pada buku teks dan LKS. Guru tidak membuat RPP sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dapat dikatakan persiapan guru dalam mengajar kurang. Penelitian ini bertujuanmenjelaskan tentang penerapan model demonstrasi dalam pembelajaran Pkn. Menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar Pkn melalui model demonstrasi Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Data diperoleh dari aktifitas guru dan aktifitas siswa sedangkan instrumennya berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pkn melalui model demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDIT Al Kautsar Ponggok Blitar.Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus56 siklus I 69 dan siklus II 80 . Ketuntasan belajar secara klasikal pada pra tindakan sebesar 23% siklus I sebesar 38% dan siklus II 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Pkn melalui model demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDIT Al Kautsar Ponggok Blitar. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dalam pembelajaran Pkn. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104594

Actions (login required)

View Item View Item