Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NUmbered Heads Together (NHT) untuk menumbuhkan tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Boyolangu II Kabupaten Tulungagung / Amrika Ely Windayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NUmbered Heads Together (NHT) untuk menumbuhkan tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Boyolangu II Kabupaten Tulungagung / Amrika Ely Windayani

Windayani, Amrika Ely (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model NUmbered Heads Together (NHT) untuk menumbuhkan tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Boyolangu II Kabupaten Tulungagung / Amrika Ely Windayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model NHT matematika hasil belajar tanggung jawab Mata pelajaran matematika membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis analisis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Boyolangu II menunjukkan bahwa 20 dari 28 siswa atau 71 43% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 70 dan siswa juga pasif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan model NHT untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan materi operasi hitung campuran pada siswa kelas V (2) peningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan pembelajaran model NHT dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran dan (3) menumbuhkan tanggung jawab siswa dengan pembelajaran matematika melalui model NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas V sebagai observer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu persentase penerapan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I 71 4% pertemuan II 80 9% pada siklus II pertemuan I 85 7% pertemuan II 90 5%. Untuk persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I 66 8% pada pertemuan II 67 8% pada siklus II pertemuan I 60 9% pada pertemuan II 76 8%. Karakter tanggung jawab siswa pada siklus I pertemuan I mendapat persentase sebesar 61 7% pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 66 7% pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 73% pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 75 8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hasil belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SDN Boyolangu II Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan model NHT dapat meningkat. Berdasarkan kesimpulan tersebut yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas yaitu (1) dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru memilih model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa untuk berinteraksi dengan temannya sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa dapat bertambah dan lebih bermakna dan (2) dalam penerapan pembelajaran matematika hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat siswa berperan aktif dan mengembangkan karakternya salah satunya yaitu model NHT agar siswa tidak hanya diam melainkan aktif dalam berinteraksi dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104593

Actions (login required)

View Item View Item