Peningkatan hasil belajar matematika tentangoperasi hitung campuran melalui model Make A- Match di kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar / Agnes Agnes Mustika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika tentangoperasi hitung campuran melalui model Make A- Match di kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar / Agnes Agnes Mustika

Ardanty, Agnes Mustika (2012) Peningkatan hasil belajar matematika tentangoperasi hitung campuran melalui model Make A- Match di kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar / Agnes Agnes Mustika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci operasi hitung campuran hasil belajar make a-match Suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan akan membantu siswa dalam memahami materi.. Dalam pembelajaran matematika Kelas IV SDN keasamben 06 kabupaten Blitar bahwa pembelajaran membosankan karena masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru tidak menggunakan model pem-belajaran yang menarik Untuk memecahkan masalah ini dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran make a-match pada pembelajaran Matematika dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Penerapan model make a-match dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung campuran di kelas IV SDN Kesamben 06 dan (2) Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi hitung campuran di kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa SDN Kesamben 06 kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Data diperoleh dari aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil tes akhir siswa. Sedangkan instrumennya berupa lembar observasi lembar tes dan kamera digital. Model penelitian ini adalah kolaboratif maksudnya yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Analisis data berpedoman pada analisis data penelitian kualitatif. Langkah-langkah analisis penelitian kualitatif meliputi (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model make a-match pada siswa kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar meningkat secara bertahap yaitu aktivitas guru pada tahap pratindakan mencapai 54 67% dengan kualifikasi kurang. Pada Siklus I persentase skor yang diperoleh adalah 84 6% dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada Siklus II persentase skor yang diperoleh adalah 100% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model make a-match juga meningkat secara bertahap. Pada tahap pratindakan sebesar 9 25%. Selanjutnya pada siklus I persentase yang diperoleh 55 83% dengan kualifikasi sangat kurang. Pada siklus II aktivitas siswa mencapai 88 33% dengan kualifikasi sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa juga meningkat secara bertahap yaitu pada pratindakan mencapai 58 25% dengan kualifikasi cukup. Pada Siklus I persentase skor yang diperoleh adalah 71% dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada Siklus II persentase skor yang diperoleh adalah 84 25% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model make a-match dapat meningkatkan pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kesamben 06 Kabupaten Blitar. Saran yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah Guru hendaknya memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi salah satunya adalah model pembelajaran make a-match. Sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104591

Actions (login required)

View Item View Item