Penerapan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Laili Lutfi Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Laili Lutfi Arini

Arini, Laili Lutfi (2012) Penerapan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Laili Lutfi Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Mind Mapping Aktivitas Belajar Hasil Belajar Mind Mapping merupakan suatu model pembelajaran dengan cara mencatat kreatif yang memudahkan siswa untuk mengingat banyak informasi serta membentuk pola gagasan yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil observasi dilakukan pada kelas IV SDN Lowokwaru 5 Kota Malang pada waktu pembelajaran IPA aktivitas didominasi oleh guru dan aktivitas siswa masih terbatas pada mendengar mencatat dan mengerjakan soal. Akibatnya hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana masih rendah. Diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 55 4 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 25 6 % sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan adalah 67. Agar dapat meningkatkan pembelajaran IPA perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model Mind Mapping pada pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model Mind Mapping (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interaktif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model Mind Mapping lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Lowokwaru 5 dapat dilaksanakan sesuai harapan peneliti. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam penerapan model Mind Mapping. Aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh 70 5 dan pada siklus II menjadi 77. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 57 6 pada siklus I menjadi rata-rata 70. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SDN Lowokwaru 5. Berdasarkan hasil penelitian maka diberikan saran agar model Mind Mapping dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPA di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104590

Actions (login required)

View Item View Item