Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan karakter kreatif di kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar / Ilma Nafi'a - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan karakter kreatif di kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar / Ilma Nafi'a

Nafi'a, Ilma (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan karakter kreatif di kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar / Ilma Nafi'a. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar karakter matematika berbasis masalah Pembelajaran matematika di sekolah dasar dilakukan dengan mengembangkan kemampuan berfikir logis analisis sistematis kritis kreatif serta kemampuan bekerja-sama.Namun kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran matematika di SDN Plumpungrejo 01masih berpusat pada guru sehingga keterampilan dan sikap siswa belum dikembangkan secara maksimal. Hasil belajar siswa sangat rendah. Dari 20 siswa hanya 7 siswa yang tuntas belajar sedangkan 13 siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif di Kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar . Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelaja-ran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajarmatematika dan mendeskripsikan peningkatan karakter kreatif pada siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV SDN Plumpungrejo 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan refleksi dan evaluasi. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah perilaku kreatif siswa dan data hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar oservasi pedoman wawancara lembar tes dan kamera. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data penya-jian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pelaksanaan pembelaja-ran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mencapai pesentase 93% hasil belajar siswa meningkat dari 30 % menjadi 85 %. Penerapan pembelajaran berbasis masalah juga meningkatkan karakter kreatif siswa dari37 % menjadi 90 % sehingga siswa termasuk kriteria sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksana-an pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran hasil belajar siswa dan menumbuh-kan karakter kreatif. Disarankan pada guru untuk mengembangkan pembelajaran yang dilaku-kan. Sedangkan bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104589

Actions (login required)

View Item View Item