Peningkatan kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana mata pelajaran IPA melalui metode diskoveri inkuiri kelas V di SDN Kebonangung I Kec. Wonodadi Kab. Blitar / Yuni Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana mata pelajaran IPA melalui metode diskoveri inkuiri kelas V di SDN Kebonangung I Kec. Wonodadi Kab. Blitar / Yuni Ratna Sari

Sari, Yuni Ratna (2012) Peningkatan kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana mata pelajaran IPA melalui metode diskoveri inkuiri kelas V di SDN Kebonangung I Kec. Wonodadi Kab. Blitar / Yuni Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan merancang penyelidikan sederhana metode Diskoveri Inkuiri. Hasil observasi pendahuluan memberikan informasi bahwa guru masih menggunakan pembelajaran yang besifat konvensional yaitu siswa terlihat lebih pasif siswa hanya menerima materi yang diberikan oleh guru. Siswa tidak melakukan kegiatan mendukung siswa menemukan dan membangun pengetahuan sendiri. Alasan inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar siswa dapat terlatih berpikir aktif kritis dan kreatif dengan cara me-ningkatkan kemampuan merancang penyelidikan sederhana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan (1) kegiatan pembelajaran IPA pada tahap pra tindakan. (2) kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana pada tahap pra tindakan (3) kegiatan pembelajaran IPA di kelas V dengan menggunakan metode diskoveri inkuiri pada tiap siklus (4) kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana dengan menggunakan metode diskoveri inkuiri IPA di kelas V pada tiap siklus dan (5) peningkatan kemampuan siswa kelas V dalam merancang penyelidikan sederhana dengan menggunakan metode diskoveri inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPA pada tahap pra tindakan mendapat persentasi 0% kualifikasi sangat kurang baik. Kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana pada tahap pra tindakan mendapat persentasi 0% kualifikasi sangat kurang baik. Kegiatan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode diskoveri inkuiri meningkat dari siklus I sampai siklus II yaitu mendapat persentasi 50% kualifikasi kurang menjadi 78% kualifikasi baik. Kemampuan siswa melakukan penyelidikan sederhana meningkat siklus I sampai siklus II persentasi 42% kualifikasi kurang baik menjadi 78% kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode diskoveri inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa merancang penyelidikan sederhana.Siswa mendapatkan pengalaman langsung saat kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa dapat membangun dan menemukan konsep sendiri. Disarankan (1) bagi guru dapat menggunakan metode diskoveri inkuiri dalam melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran lain. (2) guru dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa salah satunya dengan melakukan kegiatan merancang penyelidikan sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104588

Actions (login required)

View Item View Item