Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving untuk menumbuhkan kejujuran siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar / Nury Fataya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving untuk menumbuhkan kejujuran siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar / Nury Fataya

Fataya, Nury (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving untuk menumbuhkan kejujuran siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar / Nury Fataya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran problem solving matematika hasil belajar karakter kreatif Pembelajaran Matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak oleh karena itu diperlukan strategi supaya siswa dapat belajar dengan senang dan dapat memahaminya. Hasil belajar matematika siswa di kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa kelas IV mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 65 dan siswa pasif terhadap pembelaja-ran disebabkan guru sering menggunakan model pembelajaran ceramah yang tidak dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam belajar. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembe-lajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Solving pada siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar (2) peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Solving siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar dan (3) pengembangan karakter kejujuran dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Solving siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu hasil belajar siswa pada siklus I per-temuan I mencapai persentase sebesar 61 22% pada pertemuan II mencapai per-sentase sebesar 75 11% pada siklus II pertemuan I mencapai persentase sebesar 75 56% pada pertemuan II mencapai persentase sebesar 83 22 %. Karakter kejujuran siswa pada siklus I pertemuan I mencapai persentase sebesar 36 89% pada pertemuan II mencapai persentase sebesar 70 56% pada siklus II pertemuan I mencapai persentase sebesar 70 56% pada pertemuan II mendapat mencapai sebesar 96 33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan karakter kejujuran siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kabupaten Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkat. Berdasarkan simpulan tersebut yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas yaitu (1) Dalam pembelajaran sebaiknya guru memilih model pembelajaran sebagai salah satu pertimbangan untuk membe-lajarkan dan memotivasi siswa dan (2) Dalam pembelajaran matematika hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter untuk menumbuhkan budaya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104583

Actions (login required)

View Item View Item