Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SDN Sumbergondo 02, Bumiaji Kota Batu / Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SDN Sumbergondo 02, Bumiaji Kota Batu / Susanti

Susanti (2012) Penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SDN Sumbergondo 02, Bumiaji Kota Batu / Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kartu Kata Bergambar peningkatan membaca menulis Sekolah Dasar Kartu Kata Bergambar merupakan kertas berukuran 10 x 7 cm kartu bergambar yang menerangkan tentang kosa kata baru atau hal yang dimaksud dari gambar tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan kartu kata bergambar dalam pembelajaran membaca dan menulis siswa kelas I SDN Sumbergondo 02 Bumiaji Batu 2) Untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca dan menulis SD kelas I SDN Sumbergondo 02 Bumiaji Batu dengan menggunakan media kartu kata bergambar. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan 13 siswa (62%) tuntas sedangkan 8 siswa (38%) belum tuntas. Nilai rata-rata kelas menunjukkan 63 33 nilai tertinggi 90 nilai terendah 20 belum tuntas. Pada siklus I Rata-rata kemampuan baca tulis siswa adalah 67 61 terjadi peningkatan sebesar 4 28 (20 38%) ada 6 siswa (28 57%) belum tuntas dan 15 siswa (71 43%) sudah tuntas sesuai dengan KKM yang ditetapkan (70%). Pada siklus II rata-rata kemampuan baca tulis 85 48 terjadi peningkatan sebesar 17 87 ada 2 siswa (9 52%) belum tuntas dan 19 siswa (90 48) sudah tuntas sesuai dengan KKM yang sudah ditentukan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sebelum tindakan nilai rata-rata kemampuan baca tulis siswa adalah 63 33. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-ratanya menjadi 67 61 Pada siklus I terdapat 6 siswa (28 57%) belum mencapai KKM sedangkan 15 siswa (71 43%) sudah mencapai ketuntasan individu dan ketuntasan kelas yang ditetapkan yakni 70%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 85 48 dan hanya 2 siswa (9 52%) belum mencapai KKM sedangkan 19 siswa (90 48%) sudah mencapai KKM. Terbukti bahwa penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Sumbergondo 02 Bumiaji Batu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan (1) bagi guru dapat mengembangkan penggunaan media Kartu Kata Bergambar yang telah dimodifikasi untuk pelajaran Bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lainnya (2) bagi siswa tetap melatih kemampuan baca tulis dengan menggunakan media kartu kata bergambar baik saat pembelajaran maupun pada saat jam istirahat (3) bagi sekolah hendaknya membimbing dan mengarahkan guru dalam menggunakan media yang lebih inovatif lagi khususnya pada pembelajaran baca tulis SD (3) dan peneliti berikutnya agar meminimalisir kekurangan yang ada agar hasilnya lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104582

Actions (login required)

View Item View Item