Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Polya pada siswa kelas VI MI Al Ihsaniyah Wonorejo Kabupaten Blitar / Fuadifu Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Polya pada siswa kelas VI MI Al Ihsaniyah Wonorejo Kabupaten Blitar / Fuadifu Zahro

Zahro, Fuadifu (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Polya pada siswa kelas VI MI Al Ihsaniyah Wonorejo Kabupaten Blitar / Fuadifu Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar matematika model polya Hasil observasi dalam pembelajaran Matematika materi permasalahan yang berkaitan dengan debit guru cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas yang mengakibatkan ketuntasan kelas hanya mencapai 11% dengan kualifikasi kurang. Untuk memperbaiki hal tersebut digunakanlah model Polya. Hal ini dikarenakan model ini memiliki kelebihan 1) pembelajaran melalui pemecahan masalah dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memcahkan masalah secara terampil 2) siswa dapat dengan lebih runtut dan terstruktur dalam memecahkan masalah matematika sehinga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimanakah pembelajaran matematika melalui model Polya pada siswa kelas VI MI Al Ihsaniyah Wonorejo Kabupaten Blitar 2) Apakah pembelajaran matematika melalui model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Al Ihsaniyah Wonorejo Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. data dan sumber data dalam penelitian ini meliputi 1) Data aktivitas guru dan siswa 2) Data hasil belajar siswa 3) Data untuk mengetahui pandangan dan sikap siswa terhadap pembelajaran sebelum dan setelah diterapkannya model Polya. Pengumpulan data dalam peneltian ini melalui proses observasi wawancara tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti yang dibantu oleh observer. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan diperoleh data 1) aktivitas guru siklus I dan siklus II mencapai 100% dan mendapatkan nilai A dengan kualifikasi sangat baik 2) aktivitas siswa siklus I mencapai 72% dengan kualifikasi baik dan siklus II mencapai 92% dengan kualifikasi sangat baik 3) hasil belajar siswa siklus I ketuntasan kelas mencapai 44% dengan kualifikasi kurang dan siklus II mencapai 88% dengan kualifikasi sangat baik 4) Siswa senang belajar Matematika dengan model Polya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Pembelajaran Matematika melalui model Polya di kelas VI MI Al Ihsaniyah telah berjalan dengan sangat baik 2) Pembelajaran Matematika melalui model Polya meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VI MI Al Ihsaniyah dengan kualifikasi ketuntasan kelas sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104580

Actions (login required)

View Item View Item