Penerapan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) mata pelajaran PKn kelas 5 Sekolah dasar di Wilayah Gugus VI UPTD Doko Kabupaten Blitar / Destalia Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) mata pelajaran PKn kelas 5 Sekolah dasar di Wilayah Gugus VI UPTD Doko Kabupaten Blitar / Destalia Setyowati

Setyowati, Destalia (2012) Penerapan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) mata pelajaran PKn kelas 5 Sekolah dasar di Wilayah Gugus VI UPTD Doko Kabupaten Blitar / Destalia Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) Kurangnya kreativitas guru dalam mengajar menjadi faktor utama dalam penerapan pembelajaran terpadu. Guru dominan ke arah pembelajaran yang monoton. Materi pelajaran yang diajarkan berdiri sendiri tidak dipadukan dengan materi yang lain. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap awal ada empat sekolah dasardi wilayah gugus VI UPTD Doko yang telah menerapkan pembelajaran terpadu diantaranya SDN Plumbangan 01 SDN Plumbangan 04 SDN Sumberurip 01 dan SDN Sumberurip 03. Pelaksanaannya menggunakan pembelajaran terpadu. Akan tetapi pembelajaran terpadu tersebut kurang sesuai dengan minat dan karakteristik siswa. Data diperkuat dengan lembar observasi dan hasil wawancara dengan guru. Dari data tersebut observer menyimpulkan bahwa pembelajaran terpadu belum diterapkan sepenuhnya oleh guru sekolah dasar kelas 5 di gugus 5 UPTD Doko dengan persentase 67% dari keseluruhan sekolah dasar yang berada di gugus VI tersebut. Data persentase tersebut diperoleh dengan cara membagi jumlah guru kelas 5 yang sudah menerapkan pembelajaran terpadu dengan jumlah keseluruhan guru kelas 5 yang ada di Gugus VI kemudian dikalikan 100 sehingga diperoleh hasil 67%. Penelitian kedua dilaksanakan di masing-masing sekolah dasar di gugus VI UPTD Doko. Telah didapat data berdasarkan penelitian melalui observasi dan lembar kuisioner yang diisi guru. Sekolah dasar di gugus VI UPTD Doko yang sudah menerapkan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated). Sekolah dasar yang sudah menerapkan pembelajan terpadu model keterpaduan (integrated) adalah SDN Plumbangan 01 SDN Plumbangan 02 SDN Plumbangan 04 SDN Sumberurip 01 dan SDN Sumberurip 03. Dengan data tersebut dapat dipersentase dengan cara membagi jumlah guru kelas 5 yang sudah menerapkan pembelajaran terpadu dengan jumlah keseluruhan guru kelas 5 di wilayah gugus VI kemudian dikalikan 100 sehingga diperoleh 83% guru kelas 5 wilayah gugus VI UPTD Doko yang sudah menerapkan pembelajaran terpadu dengan baik. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) sudah diterapkan di kelas 5 sekolah dasar di wilayah gugus VI UPTD Doko. RPP yang disusun sudah menggunakan pembelajaran terpadu model keterpaduan (integrated) sedangkan dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya dapat diterapkan oleh guru dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan dan mengembangkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104579

Actions (login required)

View Item View Item