Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran konseptual pada siswa kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar / Dinik Solawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran konseptual pada siswa kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar / Dinik Solawati

Solawati, Dinik (2012) Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran konseptual pada siswa kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar / Dinik Solawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar penyelesaian soal cerita model pembelajaran konseptual Proses pembelajaran matematika di SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar diketahui bahwa siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru kemudian berakhir pada pemberian latihan soal yang ada di LKS. Guru melakukan metode ceramah dan aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan keaktifan siswa kurang. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman konsep sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran konseptual pada penyelesaian soal cerita pada siswa kelas IV SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran konseptual di kelas IV di SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pojok 03 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dengan jumlah 16 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi (2) wawancara (3) tes (4) dokumentasi dan (5) catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model pembelajaran konseptual menggunakan lima langkah-langkah yaitu (1) Mencari unsur-unsur yang termasuk ke dalam konsep dan mengelompokkannya. (2) Menentukan dan merumuskan tujuan instruksional. (3) Memilih hal-hal atau situasi yang dapat mendukung konsep serta memperlancar tujuan instruksional. (4) Merencanakan dan mencari hal-hal yang diperkirakan membantu siswa dalam proses pemahaman dan pemantapan konsep. (5) Mencari dan menetukan cara penyajian dan pengembangan proses internalisasi konsep secara lengkap. Hasil penelitian ini melalui model pembelajaran konseptual dapat mengatasi aktivitas siswa dalam pembelajaran aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hal tersebut diketahui pada hasil aktivitas siswa siklus 1 dengan PNR klasikal 64.7% dengan kualifikasi cukup baik meningkat menjadi 72.5% dengan kualifikasi baik pada siklus II. Hasil aktivitas guru siklus 1 dengan PNR 80% meningkat menjadi 90% pada siklus II sehingga terjadi peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. Hasil belajar siswa siklus 1 dengan persentase siswa lulus belajar 56.25% dengan kualifikasi cukup baik meningkat menjadi 75% dengan kualifikasi baik pada siklus II sehingga telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 18.75%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebaiknya model pembelajaran konseptual dilaksanakan oleh guru pada materi pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104578

Actions (login required)

View Item View Item