Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Devi Hendar Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Devi Hendar Wardhani

Wardhani, Devi Hendar (2012) Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Devi Hendar Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sumber belajar Pembelajaran IPS SD Mata pelajaran IPS diberikan di sekolah dasar tidak semata-mata hanya untuk melengkapi kurikulum saja namun terdapat tujuan yang ingin dicapai melalui pembelajaran IPS. Materi IPS berkenaan dengan kemasyarakatan atau kehidupan sosial sehingga IPS memiliki sumber belajar yang luas dan sangat kompleks cakupannya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan sumber belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan kesulitan guru dalam memanfaatkan berbagai sumber belajar pada pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar mata pelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kec. Pakis Kab. Malang (9 guru) dan siswa kelas IV dan V Gugus Sekolah Dasar 06 Kec. Pakis Kab. Malang (35 siswa). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam memanfaatkan sumber belajar 11 1% guru selalu menggunakan lingkungan budaya 44 4 % guru kadang-kadang menggunakan media elektronik 55 6 % guru selalu menggunakan lingkungan fisik/alam 77 8 % guru selalu menggunakan buku teks 66 7 % guru selalu menggunakan lingkungan sosial 11 1 % guru sering menggunakan orang/nara sumber 55 6 % guru menghadapi kendala biaya dalam memanfaatkan sumber belajar dan 77 8 % guru mengatasi kendala tersebut dengan cara mencari alternatif sumber belajar lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Sumber belajar yang banyak digunakan guru dalam pembelajaran IPS di Gugus Sekolah Dasar 06 Kec. Pakis Kab. Malang yaitu sumber belajar buku teks lingkungan sosial dan lingkungan fisik/alam dalam memilih sumber belajar guru kurang memperhatikan kekurangan dan kelebihan sumber belajar yang digunakan (2) kendala yang banyak dihadapi oleh guru yaitu kendala yang berkaitan dengan biaya kendala tersebut dapat diatasi oleh guru dengan cara mencari alternatif sumber lain atau sumber belajar yang sudah tersedia. Berdasarkan hasil kesimpulan dapat disarankan (1) di lingkungan sekitar sekolah terdapat banyak nara sumber (orang) yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sumber belajar misalnya petani dan tokoh masyakat untuk itu hendaknya guru dapat memanfaatkan nara sumber (orang) tersebut sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dalam pemilihan sumber belajar guru juga memperhatikan kekurangan dan kelebihan sumber belajar yang digunakan hal tersebut bertujuan agar fungsi sumber belajar dapat berfungsi sebagaimana mestinya (2) hendaknya guru tetap memperhatikan kriteria pemilihan sumber belajar dalam penggunaan alternatif sumber belajar lain untuk mengatasi kendala pemanfaatan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104577

Actions (login required)

View Item View Item