Kholim, Nur (2012) Pengelolaan pembelajaran IPA Bilingual di kelas IV Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Sekolah Dasar Negeri Tanjungsekar 1 Malang / Nur Kholim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengelolaan Pembelajaran IPA Bilingual Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) sebagai suatu inovasi pendidikan oleh pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan di tingkat internasional. Salah satu pengembangan pembelajaran di RSBI yaitu menerapkan pembelajaran IPA bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran IPA Bilingual di Kelas IV RSDBI Negeri Tunjungsekar 1 Malang serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh kepala sekolah guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah pengelolaan pembelajaran IPA Bilingual. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan perencanaan pembelajaran IPA Bilingual meliputi pengembangan kurikulum yang berupa penambahan 2 jam per minggu penggunaan buku yang mengarah ke Cambridge. Pada pengembangan sarana dan prasarana meliputi buku IPA Bilingual berbahasa Inggris worksbook kamus istilah IPA berbahasa Inggris CD pembelajaran IPA Bilingual dan ruang kelas. Pada pengembangan rencana pembelajaran yaitu penggunaan bahasa inggris dalam penulisan silabus dan RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dan dijelaskan kembali dengan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa inggris lisan tampak dalam opening pembacaan teks materi dalam Student Book perintah tugas penyampaian istilah IPA dalam bahasa Inggris sedangkan secara tertulis tampak dalam penulisan ringkasan materi soal dan jawaban soal pada workbook yang digunakan siswa. Penilaian dilakukan saat KD berakhir dengan SKM 74. Kesulitan yang dihadapi oleh kepala sekolah guru dan siswa meliputi (1) masih belum jelasnya unsur plus yang dikembangkan sekolah (2) kurangnya sarana dan Prasarana yang memadai (4) kurangnya pelatihan dalam perencanaan pembelajaran (5) terbatasnya Sumber Belajar referensi IPA Bilingual (6) siswa kesulitan dalam penggunan bahasa Inggris (7) siswa kesulitan dalam menafsirkan materi berbahasa Inggris. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa RSDBI Negeri Tunjungsekar 1 Malang sudah menerapkan pembelajaran IPA bilingual. Hal ini dilihat dari pengembangan perencanaan pelaksanaan serta penilaian pembelajarannya tetapi masih banyak hambatan dan kesulitan yang dihadapi. Untuk itu sebaiknya dibangun komitmen yang tinggi antara guru dan siswa untuk meningkatkan penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran IPA bilingual dan perlunya acuan dalam pengembangan kurikulum IPA bilingual agar lebih terarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |