Peningkatan hasil belajar PKn melalui strategi direct reading thingking activities bagi siswa kelas III SDN I Karangan Trenggalek / Lia Dwi Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui strategi direct reading thingking activities bagi siswa kelas III SDN I Karangan Trenggalek / Lia Dwi Purnama

Purnamasari, Lia Dwi (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui strategi direct reading thingking activities bagi siswa kelas III SDN I Karangan Trenggalek / Lia Dwi Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar PKn Direct Reading Thinking Activities SD. Hasil observasi dan wawancara siswa di SDN I Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam pembelajaran PKn siswa masih kurang terfokus dalam pembelajaran motivasi siswa yang rendah dan nilai yang kurang dalam pembelajaran. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa tidak mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan yakni 70. Dalam proses pembelajaran masih ditemukan hambatan-hambatan. Hambatan-hambatan dari guru yakni dalam pembelajaran PKn guru masih menggunakan cara lama yaitu dengan metode ceramah dan tanya jawab kurang menggunakan media secara maksimal dan kurang memberikan contoh yang maksimal tentang materi yang diajarkan Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam pembelajaran PKn siswa kelas III SDN I Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn melalui strategi Direct reading Thinking Activities siswa kelas III SDN I Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN I Karanganom Trenggalek dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah panduan observasi dan soal tes untuk menilai hasil belajar siswa Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra tindakan adalah 27 52 dengan kriteria sangat rendah mengalami peningkatan yang pada siklus 1 yaitu 63 28 dengan kriteria rendah dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus 2 yaitu 80 28 dengan kriteria baik. Meskipun ada 5 siswa (20%) yang tidak mencapai kriteria ketuntasan individu yaitu minimal 70. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDN I Karanganom Trenggalek. Saran dari penelitian ini guru hendaknya mengembangkan penerapan strategi Direct reading Thinking Activities sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn di SD. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini berdasarkan keterbatasan yang ada pada peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104575

Actions (login required)

View Item View Item