Peningkatan hasil belajar PKn melalui model group investigation di kelas V SDN Tenggur Kabupaten Tulungagung / Kholid Yuda Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model group investigation di kelas V SDN Tenggur Kabupaten Tulungagung / Kholid Yuda Wijaya

Wijaya, Kholid Yuda (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model group investigation di kelas V SDN Tenggur Kabupaten Tulungagung / Kholid Yuda Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pendidikan kewarganegaraan group investigation Berdasarkan hasil observasi awal dalam proses pembelajaran PKn siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar PKn. Siswa menganggap mata pelajaran PKn sebagai pelajaran hafalan karena kurang menekankan pada aspek penalaran sehingga hasil belajar siswa masih kurang. Selain itu guru masih meng-gunakan model konvensional yaitu masih terpusat pada guru (teacher center) sehingga membuat siswa bosan dalam proses pembelajaran PKn. Salah satu alternatif model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam mengorganisasikan dan menemukan hubungan-hubungan dari informasi yang diperoleh adalah Group Insvestigasion. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model group investigation dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Tenggur 2) mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah digunakan model group investigation dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan empat komponen penelitian tindakan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Refleksi dilakukan disetiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Perencanaan pembelajaran dengan mempersiapkan instrumen penelitian yaitu lembar tes lembar observasi guru dan siswa dan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tenggur Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari 20 siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan terdiri dari terdiri dari enam tahap yaitu (1) mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari (3) melaksanakan investigasi (4) menyiapkan laporan akhir (5) mempresentasikan laporan akhir dan (6) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 67 60 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 55 % dan siklus II yaitu 78 00 dengan prosentase 80 % hasil belajar afektif dan psikomotornya dikategorikan baik karena dari siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan dan rata-rata dalam semua aspek mencapai di atas 70% dan penerapan model group investigation telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tenggur Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation menunjukkan peningkatan hasil belajar PKn. Untuk itu disarankan hendaknya para guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sesuai situasi dan kondisi siswa. Dengan demikian pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104574

Actions (login required)

View Item View Item