Sukmawati, Dela (2012) Peningkatan hasil belajar PKn kelas IV melalui model inkuiri nilai di SDN Pojok 03 Kabupaten Blitar / Dela Sukmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar pendidikan kewarganegaraan inkuiri nilai. Didapatkan pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Pojok 03 masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga berdampak pada aktivitas dan hasil siswa. Hal ini dapat diketahui dari data nilai PKn kelas IV SD Negeri Pojok 03 bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (70) hanya 3 siswa dari 10 siswa sedangkan 7 siswa mendapat nilai diawah KKM. Tujuan diadakannya penelitian di SDN Pojok 03 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar adalah untuk mendiskripsikan penerapan model inkuiri nilai dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru pada saat pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes hasil belajar dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada setiap siklus pembelajaran yang dilakukan. Siklus I diketahui rata-rata nilai siswa mencapai 66 5 dari 10 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM adalah 8 siswa (80%) 2 siswa (20%) berada di atas nilai KKM dengan kriteria penilaian kurang. Pada siklus II nilai rata-rata 84 dari 10 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 10 siswa (100%) pada siklus ini tidak ada nilai dibawah KKM. Kriteria keberhasilan dikategorikan sangat baik. Sedangkan dari hasil siklus I dan II mencapai rata-rata75 5. Dari 10 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sejumlah 9 siswa (90%) dan 1 siswa (10%) memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini dikarenakan kurang mampunya siswa membaca lancar kurang fokusnya siswa terhadap pelajaran serta factor lain yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri nilai dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru serta peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat pada pratindakan siklus I dan siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |