Pelay, Zulham (2012) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika luas bangun datar melalui model Van Hiele di kelas III SDN Dandong 01 Kabupaten Blitar / Zulham Pelay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar luas bangun datar model pembelajaran Van Hiele Pembelajaran menghitung luas bangun datar di SDN Dandong 01 masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil observasi dari 26 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran Van Hiele diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model Van Hiele dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti sebagai guru bekerjasama dengan guru kelas III sebagai observer dan dilaksanakan di SDN Dandong 01 Kabupaten Blitar. Data diperoleh dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi aktivitas siswa dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ialah lembar observasi guru dan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data analisis data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu data dievaluasi dan dilakukan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pelaksanaan pembelajaran dengan model Van Hiele dapat dikatakan berhasil dengan sangat baik karena menunjukkan adanya peningkatan. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan ialah 55 dengan ketuntasan 23 1%. Pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 65 9 dengan ketuntasan klasikal 57 7%. Pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 7dengan ketuntasan klasikal 80 8%. Sedangkan pada pertemuan 3 rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 90 5 dengan ketuntasan klasikal 96 2%. Pada siklus 2 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa 71 5 dengan ketuntasan klasikal 65 4%. Pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81 5 dengan ketuntasan klasikal 84 6%. Sedangkan pertemuan 3 rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 92 1 dengan ketuntasan klasikal 96 2%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua simpulan yaitu pertama Pelaksanaan model pembelajaran Van Hiele dalam materi menghitung luas bangun datar pada siswa kelas III SDN Dandong 01 dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Kedua Model pembelajaran Van Hiele dalam materi menghitung luas bangun datar pada siswa kelas III SDN Dandong 01 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus 2 pertemuan 3 mencapai 38 5%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |