Arnata, Marshelin Mughni (2018) Using songs to improve the listening ability of the 8th grade students of SMPN 11 Malang / Marshelin Mughni Arnata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Arnata Marshelin Mughni. 2018. Using Songs to Improve the Listening Ability of the 8TH Grade Students of SMPN 11 Malang. Sarjana s Thesis Department of English Faculty of Letters Universitas Negeri Malang Advisor (1) Nur Hayati S.Pd M.Ed (2) Dr. Furaidah M.A Keywords Speaking skill songs. Mendengarkan adalah keterampilan yang sangat penting dalam mempelajari bahasa asing. Namun mengembangkan kemampuan mendengarkan menimbulkan banyak kesulitan bagi peserta didik seperti kesulitan dalam memahami arti kata-kata dan mendapatkan pesan kesulitan untuk mendengarkan intonasi kecepatan dan pelafalan. Peneliti melakukan penelitian awal dan menemukan bahwa siswa memiliki kemampuan mendengar yang rendah seperti yang ditunjukkan oleh skor mereka dalam pre-test listening. Peneliti menemukan bahwa siswa memiliki masalah seperti kurang nya pengetahuan kosakata karena guru jarang memberikan kegiatan mendengarkan di kelas dan lebih fokus pada membaca. Suasana di kelas monoton hal ini membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kelas bahasa Inggris dan tidak tertarik untuk mendengarkan materi. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa kelas delapan. Dalam mendengarkan lagu-lagu itu membantu mereka mempelajari arti dari kosakata baru dalam lirik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Peneliti hanya menggunakan satu siklus untuk melihat peningkatan karena siklus satu sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas 8C. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi tes dan kuesioner. Kegiatan pengajaran termasuk fase pra-mendengarkan sambil mendengarkan dan pasca-mendengarkan. Para siswa diberi lagu dan lembar kerja lirik yang kosong untuk mengembangkan kosakata mereka. Kemudian siswa diberikan audio dialog dan monolog dan lembar kerja lainnya yang mencakup pertanyaan pemahaman dan pilihan ganda terkait dengan topik untuk membuat siswa memahami kalimat kompleks dari setiap topik yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan. Persentase siswa yang mencapai nilai kelulusan minimum (KKM) yaitu 75 telah meningkat dari 0% (tidak ada siswa) dalam studi pendahuluan menjadi 87 5% (28 siswa dari 32 siswa) dalam ujian akhir. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan lagu-lagu bahasa Inggris adalah teknik yang baik untuk mengajarkan mendengarkan. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan lagu di kelas karena siswa dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka dan lagu adalah media yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Cara lain untuk menggunakan lagu dalam pengajaran mendengarkan dapat dieksplorasi oleh peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |