Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran true or false pada siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar / Yuni Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran true or false pada siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar / Yuni Lestari

Lestari, Yuni (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran true or false pada siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar / Yuni Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Yuni. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran True Or False Pada Siswa Kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar. Skripsi Jurusan Keguruan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Zainuddin (II) Dra. Hj. Wasih D.S. M.Pd Kata kunci model true or false matematika karakter kerja keras. Matematika merupakan ilmu yang universal yang mendasari perkembang-an teknologi modern mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Pelaksanaan pembelajaran Matematika di kelas V SDN Purworejo 01 masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Minat belajar siswa pada pelajaran Matematika rendah sehingga prestasi belajarnya rendah. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tin-dakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembe-lajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran true or false pada siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar (2) Peningkatan hasil belajar Ma-tematika siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar dengan menggunakan model true or false pada tiap siklus (3) Karakter kerja keras siswa kelas V SDN Purworejo 01 Wates Blitar pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran true or false pada tiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan be-lajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas V sebagai observer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pembelajaran Matematika pada se-tiap siklus mengalami peningkatan sebesar 10 5% dari siklus I sebesar 84 2% de-ngan kriteria baik ke siklus II sebesar 94 7% dengan kriteria sangat baik. Hasil be-lajar siswa pada pembelajaran Matematika dari siklus I ke siklus II mengalami pe-ningkatan sebesar 12 8%. Pengembangan karakter kerja keras siswa pada pembe-lajaran Matematika dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25 %. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah hasil belajar dan karakter kerja keras siswa kelas V SDN Purworejo 01Wates Blitar de-ngan menggunakan model true or false dapat meningkat. Saran yang bisa diberikan terkait dengan pelaksanaan pembelajaran Mate-matika berdasarkan simpulan tersebut adalah (1) Dalam penerapan pembelajaran Matematika hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bisa me-munculkan nilai-nilai karakter dan membuat siswa berperan langsung dalam pem-belajaran sehingga siswa dapat mencari sendiri penyelesaian dari permasalahan yang sedang dibahas salah satunya yaitu model true or false (2) Hendaknya guru mencoba menerapkan model true or false pada pembelajaran Matematika dengan SK dan KD yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104569

Actions (login required)

View Item View Item