Hidayati, Ida Nurul (2012) Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan mengembangkan rasa keingintahuan siswa kelas IV melalui model penemuan terbimbing di SDN Balonggebang 1 Kabupaten Nganjuk / Ida Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar KPK dan FPB rasa keingintahuan model penemuan terbimbing Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas IV yang menunjukkan bahwa hasil belajar KPK dan FPB serta karakter rasa keingintahuan siswa kurang sesuai harapan. Dari 29 siswa hanya 13 yang dapat mencapai nilai KKM ( 8805 70). Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru sehing-ga siswa pasif. Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembela-jaran KPK dan FPB melalui model penemuan terbimbing pada siswa Kelas IV SDN Balonggebang I Kabupaten Nganjuk (2) peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui model penemuan terbimbing siswa Kelas IV SDN Balonggebang I Kabupaten Nganjuk dan (3) pengembangan karakter rasa keingintahuan siswa dalam pembelajaran KPK dan FPB melalui model penemuan terbimbing siswa Kelas IV SDN Balonggebang I Kabupaten Nganjuk. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK. Ta-hapan penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan Kemmis dan Taggart. Model penelitian adalah kolaboratif yaitu peneliti bertindak sebagai guru dan dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Data yang diambil adalah data pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing hasil belajar siswa yang berupa tes akhir serta perkembangan rasa keingintahuan siswa di kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara tes dokumenta-si dan catatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut pelaksanaan pem-belajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing yaitu dari 78% pada si-klus I mengalami peningkatan menjadi 92% pada siklus II. Aktivitas siswa me-ngalami peningkatan dari siklus I 61% meningkat menjadi 70% pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa yang berupa tes akhir secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I 61% menjadi 71% pada siklus II dengan kriteria baik. Rasa keingintahuan siswa juga telah mengalami perkembangan dari siklus I sebesar 61% menjadi 70% pada siklus II dengan kriteria baik. Simpulan berdasarkan data yang diperoleh bahwa (1) pelaksanaan pem-belajaran dengan penerapan model penemuan terbimbing dapat berjalan sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan (2) hasil belajar KPK dan FPB siswa kelas IV dapat meningkat melalui penerapan model penemuan terbimbing serta (3) rasa keingintahuan siswa kelas IV dapat berkembang melalui penerapan model penemuan terbimbing. Saran ditujukan untuk guru antara lain (1) guru hendaknya memperdalam pemahaman siswa pada perkalian dan pembagian (2) Guru dapat membuat media pembelajaran yang relevan dengan materi KPK dan FPB (3) guru mampu meng-gunakan model penemuan terbimbing dalam materi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |