Lengam, Rino (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pemecahan masalah (problem solving) pada siswa kelas V SDN Kauman 1 Kota Blitar / Rino Lengam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran IPS melalui model Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah dilaksanakan pembelajaran melalui model Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) kolaboratif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanankan pada siswa kelas V SDN Kauman 1 kota Blitar tahun pelajaran 2012-2013. Data penelitian diperoleh dari kajian dokumen observasi wawancara dan tes pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas siswa (2) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari nilai rata-rata lembar kerja proses dan tes akhir pembelajaran pada pratindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil belajar pratindakan sebesar 36 3 siklus I sebesar 64 dan siklus II sebesar 82. Kata kunci hasil belajar ips problem solving
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |