Purnama, Candra (2012) Kesalahan pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kewacanaan di kelas IV SDN Lesanpuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Candra Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Wacana Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Pembelajaran adalah kegiatan yang sangat kompleks karena meliputi tahap-tahap perencanaan pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Selain itu pada setiap tahap tersebut terdapat komponen-komponen pendukung yang saling terkait satu sama lain. Hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SDN Lesanpuro 2 menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia guru tidak merencanakan pembelajaran dengan baik guru tidak menggunakan media pembelajaran peserta didik terlihat bosan pengelolaan kelas kurang baik pembelajaran kurang menarik dan pembelajaran kurang sistematis. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk memecahkan persoalan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) Ada atau tidak adanya kesalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kewacanaan di kelas IV SDN Lesanpuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dan (2) Wujud kesalahan-kesalahan pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kewacanaan di kelas IV SDN Lesanpuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data utama adalah proses pembelajaran sedangkan dokumen RPP dan tes hasil belajar diposisikan sebagai data tambahan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi wawancara dan dokumen. Analisis data yang dilakukan meliputi tahap-tahap mereduksi data menyajikan data penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini antara lain (1) Guru tidak menuliskan indikator pencapaian kompetensi dan metode pembelajaran dalam dokumen RPP (2) Kompetensi dasar yang dituliskan pada RPP tidak sesuai dengan KTSP sekolah dasar kelas IV semester 1 mata pelajaran bahasa Indonesia aspek menulis (3) Tujuan pembelajaran pada dokumen RPP tidak terfokus pada kompetensi dasar (4) Unsur penilaian yang dituliskan pada dokumen RPP tidak tepat (5) Guru bersama sama dengan peserta didik tidak membuat rangkuman atau simpulan pembelajaran (6) Guru tidak menggunakan media pada saat pelaksanaan pembelajaran (7) Siswa belum bisa menggunakan kata penghubung yang tepat untuk mengaitkan ide dalam kalimat cerita. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan (1) Ada kesalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek kewacanaan di kelas IV SDN Lesanpuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. (2) Wujud kesalahan yang terjadi yaitu kesalahan guru dalam merencanakan proses pembelajaran kesalahan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kesalahan siswa dalam menulis cerita. Saran bagi guru adalah agar lebih memperhatikan setiap komponen pada perencanaan pelaksanakan dan penilaian hasil belajar. Bagi peneliti lain penelitian ini dapat ditindak lanjuti sesuai dengan objek penelitian yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |