Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan media gambar kebudayaan dan media peta budaya pada siswa SD kelas V se-gugus VI Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Winarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan media gambar kebudayaan dan media peta budaya pada siswa SD kelas V se-gugus VI Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Winarni

Winarni (2012) Perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan media gambar kebudayaan dan media peta budaya pada siswa SD kelas V se-gugus VI Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Winarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perbedaan Hasil Belajar IPS Media Dalam pembelajaran siswa merupakan penerima pesan sedangkan media merupakan pembawa pesan yang berinteraksi dengan para siswa dengan indera mereka. Media merupakan komponen yang penting untuk menunjang pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS. Dalam mengetahui dan memahami materi siswa sangat membutuhkan media yang sesuai dengan materi. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media gambar kebudayaan dan media peta budaya. Peneliti ingin mengetahui perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan media gambar kebudayaan dan media peta budaya pada siswa kelas V SD se-gugus VI Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah hasil belajar IPS dalam materi keragaman budaya bila menggunakan media gambar kebudayaan pada siswa kelas V SD Se-gugus VI Kecamatan Pakis (2) bagaimanakah hasil belajar IPS dalam materi keragaman budaya bila menggunakan media peta budaya pada siswa kelas V SD Se-gugus VI Kecamatan Pakis (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS dalam materi keragaman budaya apabila menggunakan media gambar kebudayaan dan menggunakan media peta budaya pada siswa kelas V SD Se-gugus VI Kecamatan Pakis Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V Gugus VI Kec. Pakis semester I tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang diambil yaitu kelas V SDN Mangliawan 03 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Ampeldento 01 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar kebudayaan dan media peta budaya variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berupa tes tulis. Sebelum melakukan analisis data terlebih dahulu harus melakukan uji normalitas dan uji homogenitas untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai post-test kelas kontrol 41 96 sedangkan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 69 29 serta perolehan gainscore kelas eksperimen 27 86 sedangkan hasil perolehan gainscore kelas kontrol sebesar 19 64. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS materi keragaman budaya Indonesia yang menggunakan media gambar kebudayaan dan media peta budaya pada siswa kelas V SD se-gugus VI Kec. Pakis Kab. Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada guru untuk menerapkan media peta budaya pada pembelajaran yang berkaitan dengan materi keragaman budaya Indonesia baik dalam pembelajaran IPS PKn maupun SBK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104563

Actions (login required)

View Item View Item