Pengembangan rasa tanggung jawab dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Yogga Agus Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rasa tanggung jawab dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Yogga Agus Wahyudi

Wahyudi, Yogga Agus (2012) Pengembangan rasa tanggung jawab dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Yogga Agus Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudi Yogga Agus. 2012.Pengembangan Rasa Tanggung Jawab dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (2) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Pengembangan Tanggung Jawab PKn SD Pengembangan rasa tanggung jawab dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah upaya yang dilakukan guru secara terstruktur dan bertahap baik di dalam maupun di luar kelas untuk memfasilitasi siswa mencapai tujuan yang dikehendaki yaitu sikap tanggung jawab siswa. Pengembangan tersebut dilakukan melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang meliputi pengintegrasian nilai tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran pembiasaan dan keteladanan serta melalui pengondisian lingkungan sekolah yang meliputi pengintegrasian dalam tata tertib kegiatan rutin kegiatan spontan keteladanan dan pengkondisian fasilitas sekolah. Tujuan daripenelitianini dimaksudkanuntukmenjawabpermasalahan yaitu (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan rasa tanggung jawab siswa kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang (2) Apakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat mengembangkan rasa tanggung jawab siswa kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang (3) Apakah pengondisian lingkungan sekolah melalui kejelasan aturan dapat mengembangkan rasa tanggung jawab siswa kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang . Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif dimanapengumpulan data dilakukandenganteknikobservasi wawancara angket catatan lapangan dan dokumentasi.Selanjutnya data dianalisismelaluitahapreduksi data penyajian data danpenarikankesimpulansertaverifikasi.Sementara pengecekankeabsahantemuan datadilakukandengantriangulasi. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutdiperolehhasil bahwa kegiatan yang efektif dalam pengembangan rasa tanggunggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn dilakukan melalui kegiatan pembiasaan keteladanan serta pengondisian lingkungan sekolah meliputi tata tertib kegiatan rutin kegiatan spontan keteladanan dan pengondisian fasilitas sekolah. Sementara kegiatan pembelajaran PKn kurang memberikan kontribusi karena guru lebih menekankan pada aspek kognitif berupa pemahaman materi pelajaran daripada penekanan pada aspek afeksi dan konasi dalam pembentukan sikap tanggung jawab siswa. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu kegiatan yang memberikan kontribusi dalam pengembangan rasa tanggung jawab yaitu kegiatan pembiasaan pengondisian lingkungan sekolah dan keteladanan guru sebagai model sikap tanggung jawab. Sedangkan saran yang dapatpenulissampaikanyaitu sebaiknyadalampengembangan rasa tanggung jawab siswa guru dapat menggunakan kegiatan pembiasaan keteladanan dan pengondisian lingkungan sekolah. Sementara dalam kegiatan pembelajaran PKnsebaiknya guru lebih menekankan pada aspek afeksi dan konasi dalam pembentukan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104562

Actions (login required)

View Item View Item